visitaaponce.com

Kemendikbud Ristek Pastikan SNPMB Tahun Ini akan Tetap Menggunakan Tes Skolastik

Kemendikbud Ristek Pastikan SNPMB Tahun Ini akan Tetap Menggunakan Tes Skolastik
Ilustrasi pelaksaan SNPMB.(MI/Amir MR)

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nizam mengatakan pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada 2024 akan tetap menerapkan tes skolastik.

Tes Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bernalar dan pemecahan masalah siswa.

“SNBT tahun ini sama dengan tahun lalu. Tes skolastik, penalaran matematika, dan literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (7/1).

Baca juga: Ketentuan Baru SNBP 2024, Cek Syarat dan Tahapannya

Lebih lanjut, Nizam menjelaskan bahwa pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dimulai dari 14 – 28 Januari 2024. Sementara itu, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SNBT dilaksanakan pada 21 Maret-5 April 2024.

“Pendaftaran akun sekolah mulai dari 8 Januari - 15 Februari 2024,” lanjut Nizam.

Menurut Nizam, tes skolastik juga lebih baik dibandingkan tes sebelumnya, terlihat dari sisi sebaran mahasiswa baru dari kelompok masyarakat kurang mampu dan daerah 3T yang meningkat pada tahun lalu.

Baca juga: Ini Aturan baru di SNBT 2024, Bisa Pilih 4 Program Studi

Diketahui, pada tahun lalu penerimaan SNBP 2023 mencapai 143.805 orang dan SNBT 2023 sebanyak 223.217 orang.

Secara terpisah, Pengurus Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Fauzi Abdillah mengapresiasi skema SNPMB dan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang semakin baik. Menurutnya, SNPMB yang dilakukan saat ini makin berkeadilan.

“Namun keberadaan PTN-BH masih menjadi penghalang akses pendidikan bagi masyarakat ekonomi lemah. Kami juga mengharapkan solusi karena banyak PTS tutup karena PTN membuka jalur mandiri," pungkas Fauzi.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat