visitaaponce.com

Menteri LHK Data Global Forest Watch Soal Deforestasi Tidak Akurat

Menteri LHK: Data Global Forest Watch Soal Deforestasi Tidak Akurat
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.(Antara)

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa data deforestasi Global Forest Watch yang digunakan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD tidak akurat.

"Global Forest Watch yang dipuja-puja itu metodologinya sedang kita telaah bersama-sama. Sejak 2017 saya sudah mengikuti itu. Kenapa dia bilang deforestasi kita jutaan, padahal nyatanya enggak," kata Siti di Desa Tuwung, Kalimantan Tengah, Rabu (24/1).

Seperti diketahui, sebelumnya Siti membantah keras pernyataan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat cawapres Minggu (21/1) soal deforestasi Indonesia yang meningkat selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: Menteri LHK Sebut Mahfud MD Keliru Paparkan Data Deforestasi

Kemudian, dalam pembelaannya, Mahfud menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan data dari Global Forest Watch, berbeda dengan data yang digunakan KLHK.

Siti menyebut, dalam perhitungan Global Forest Watch, setiap pohon yang jatuh dianggap sebagai deforestasi. Pun saat pohon itu berada di halaman rumah seseorang.

Baca juga: Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Didesak Realisasikan Transisi Energi

"Kalau rumah-rumah transmigrasi 3/4 hektare, itu pohonnya punya dia. Masa dia mengubah pohon, ganti apanya, terus jadi deforestasi? Nah, ini yang sedang kita kerjakan," tegas Siti.

Ia pun meragukan data Global Forest Watch, karena mereka hanya menggunakan metode citra satelit tanpa pengecekan langsung ke lapangan. Sehingga, kata dia, tanaman pisang yang ada pun akan terbaca sebagai hutan primer, karena warna dan tekstur yang terbaca dalam satelit sama.

"Dia hanya interpretasi dari satelit. Saya ini dulu sekolah tentang itu. Gak bisa kalau gak dicek lapangannya," pungkas Siti.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat