visitaaponce.com

Sekolah Berperan Penting Persiapkan Siswa Hadapi Seleksi PTN

Sekolah Berperan Penting Persiapkan Siswa Hadapi Seleksi PTN
Focus group discussion Ganesha Operation (GO) bersama perwakilan sekolah se-Kota Medan dan Deli Serdang di GO Cabang Medan, Sumatra Utara.(Ist)

SEKOLAH memiliki peran kunci dalam persiapan siswa menghadapi seleksi perguruan tinggi negeri (PTN) atau Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

"Peran kunci sekolah di sini tidak hanya kepala sekolah, tetapi juga peran staf pendidikan lainnya, terutama dalam hal administratif yang dapat berpengaruh pada jalur kesuksesan siswa," ujar Direktur Utama Ganesha Operation (GO) Bob Foster, dalam focus group discussion dengan perwakilan sekolah se-Kota Medan dan Deli Serdang, di GO Cabang Medan, Sumatra Utara, dalam keterangannya, Rabu (24/1).

Baca juga: Pendaftaran Akun SNPMB 2024 untuk Sekolah Telah Dibuka

Bob menyampaikan pentingnya sekolah dalam menyosialisasikan tiga jalur utama dalam SNPMB 2024 yakni, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Ujian Mandiri.

"Pada salah satu jalur seleksi yaitu, SNBP memiliki kuota setidaknya 20%. Data tersebut jadi dasar bagi perguruan tinggi dalam menentukan jumlah mahasiswa baru dari setiap jalur," jelas Bob.

Karena itu, lanjut Bob, dalam kegiatan itu pihaknya ingin memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai perubahan yang terjadi pada SNPMB 2024 dan cara memanfaatkannya untuk menakar peluang PTN favorit pada 2024.

GO sebagai lembaga bimbingan belajar di Indonesia tak hanya memusatkan perhatian pada penjelasan perbedaan SNPMB 2024, tetapi juga melakukan eksplorasi mendalam pada detail-detail perubahan tersebut.

"Harapannya, melalui kolaborasi antara GO dan sekolah dapat bersama-sama mewujudkan impian para siswa untuk bisa melangkah ke PTN favorit di Indonesia," tutup Bob.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Pastikan SNPMB Tahun Ini akan Tetap Menggunakan Tes Skolastik

Turut hadir pada focus group discussion bertema Membedah Perubahan SNPMB & Menakar Peluang Masuk PTN Favorit 2024 itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Sumatra Utara August Sinaga, tokoh pendidikan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan staf kesiswaan.

Salah satu peserta, Kepala SMAN 15 Medan Gokman Sianturi, berharap kegiatan tersebut akan menjadi langkah maju untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumatra Utara.

"Melalui revolusi dan terobosan, kolaborasi sekolah dan GO yang terbukti memiliki jaminan mutu dengan berbagai penghargaan, ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan sekolah di Sumatra Utara, baik swasta maupun negeri," pungkas Gokman. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat