visitaaponce.com

Kopi Kawi Sari Tawarkan Nilai Historis dan Budaya

Kopi Kawi Sari Tawarkan Nilai Historis dan Budaya
Festival Kopi Nusantara 2024, Hari kedua, di kompleks Media Group, Jakarta, Jumat (2/2/2024)(MI / ADAM DWI)

KOPI tak hanya dikenal sebagai komoditas untuk dikonsumsi. Berbagai nilai budaya dan historis acap kali melekat pada suatu produk kopi. Apalagi dengan latar belakang kekayaan budaya di Indonesia, selalu ada hubungan erat antara budaya dan produk yang dihasilkan suatu daerah.

Kopi Kawi Sari dari grup perusahaan Tugu, misalnya, memiliki cerita historis dan budaya dalam proses penanaman hingga produksinya. Nama Kawi Sari sendiri berasal dari perkebunan kopi di Gunung Kawi, Jawa Timur.

Sejarahnya, seorang raja di Jawa Timur bertapa di Gunung Kawi. Karena saat itu tidak ada tanaman kopi di gunung tersebut, si petapa yang sangat menyukai kopi kemudian menanam kopi pertama di tempat tersebut.

Baca juga : Bantuan Pendampingan Bangkitkan Kopi Rawa Gede

"(Kebun kopi itu) Lalu diteruskan oleh pemerintah kolonial Belanda. Setelah pemerintah kolonial hengkang, itu dikelola oleh pemerintah setempat. Lalu pemerintah setempat kerja sama dengan kita. Terbentuklah Kopi Kawi Sari ini," ujar Hilmi Abdilbar, Barista Kopi Kawi Sari kepada Media Indonesia di acara Festival Kopi Media Indonesia, Jumat (2/2).

Selain cerita sejarah, Kopi Kawi Sari melibatkan kebudayaan setempat dalam proses panennya. Setiap panen, kata Hilmi, turut digelar upacara-upacara adat. Hal itu juga turut mengundang banyak pedagang di sekitar kaki gunung.

Para penduduk lokal pun turut diberdayakan di perkebunan kopi Kawi Sari. "Petani-petaninya juga ibu-ibu setempat. Perkebunan kita sekitar 600 hektare. Itu bisa memberdayakan ratusan orang," katanya.

Baca juga : Tenun NTT Ayo Tupas, Warisan Budaya Turun-Temurun

Ia menjelaskan, Kawi Sari memproduksi beragam jenis kopi, termasuk kopi luwak. "Yang unik ada kopi infuse alkohol seperti wiski, tequila. Yang unik dari rasanya kita ada flavor dari nangka, hingga brown sugar," katanya.

Kopi Kawi Sari bisa didapatkan di jaringan restoran Tugu di Jakarta, Malang, Lombok, dan Bali. Penjualan online pun tersedia. "Misalnya mau buka cafe pake bean kita juga bisa," pungkasnya. (Ifa/Z-7)

Baca juga : Aroma Arabika Tercampur Dalam Nada Peraukertas

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat