visitaaponce.com

Waktu Makan Malam Penting Bagi Pasien Diabetes untuk Cegah Gangguan Tidur

Waktu Makan Malam Penting Bagi Pasien Diabetes untuk Cegah Gangguan Tidur
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo, Tri Juli Edi Tarigan, mengatakan penderita diabetes perlu membuat jadwal rutin makan malam untuk mencegah gangguan tidur.

Tri Juli mengatakan pasien diabetes perlu makan malam pada jadwal yang konsisten.

"Misalkan jam 7 malam itu sudah ditentukan jadi jam makan malam, ya sudah jam 7 terus makan malamnya. Sesibuk apapun, makan malamnya tetap jam 7 datang ke meja makan karena, kan, sedang minum obat," kata Tri Juli, dikutip Kamis (15/2).

Baca juga : Kapan Amandel Membesar Perlu Dioperasi?

Dengan jadwal yang konsisten, baik dalam makan maupun minum obat sebagai terapi, penderita diabetes dapat mengontrol gula darah agar stabil.

Dengan mengontrol gula darah menjadi stabil, pasien dapat mengeliminasi gangguan tidur yang biasanya terjadi pada penderita diabetes.

Tri Juli mengatakan gangguan tidur pada penderita diabetes umumnya terjadi karena kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Baca juga : Ini Empat Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Anak Sakit

Pada penderita diabetes dengan gula darah yang terlalu tinggi, biasanya gangguan tidur dialami karena produksi urine meningkat dan keinginan berkemih menjadi lebih sering sehingga menyebabkan rasa haus berkelanjutan.

Lalu, pada penderita diabetes dengan gula darah rendah, gangguan tidur juga kerap dialami karena membuat jantung berdebar bahkan menciptakan kecemasan yang akhirnya membuat rasa tidak nyaman saat ingin tidur.

Di samping itu, kebiasaan makan malam yang terlalu sempit dengan waktu tidur berpotensi juga memberikan masalah gangguan tidur.

Baca juga : Masyarakat Diingatkan tidak Takut Periksa Gula Darah

Apabila waktu makan malam dan waktu tidur terlalu dekat, saluran cerna biasanya masih aktif dan juga membuat hormon-hormon di tubuh masih tinggi dan mengakibatkan tubuh menjadi sulit untuk tidur. 

Maka dari itu, para penyandang diabetes disarankan menjadwalkan makan malam yang tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

"Untuk penyandang diabetes, makan malamnya ini juga jangan terlalu malam, kalau bisa makan malamnya dijadwalkan di jam 6 sore sampai 7 malam," pungkas Tri Juli. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat