visitaaponce.com

Mahasiswa Undip Lakukan KKN Peningkatan UMKM Warga Tani

Mahasiswa Undip Lakukan KKN Peningkatan UMKM Warga Tani
Mahasiswa Undip melakukan KKN peningkatan UMKM warga tani(Dok Undip)

MAHASISWA yang tergabung dalam Tim I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) membantu mengembangkannya digitalisasi kegiatan perkumpulan Kelompok Wanita Tani “Mekar Bersemi” Di Desa Dengkeng, Kabupaten Klaten. Kelompok Mekar Bersemi dengan kekreatifannya aktif merubah benda yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi barang yang ekonomis. 

Salah satu kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa Undip dalam kegiatan KKN tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi yang diadakan pada hari Jumat 26 Januari 2024, dengan sasaran Kelompok Wanita Tani “Mekar Bersemi” yang dimiliki oleh Desa Dengkeng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Kelompok Wanita Tani terutama dalam hal UMKM. 

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan online marketplace yang dikemas secara menarik. Lalu dilanjut dengan pemilihan bahan kemasan yang ramah lingkungan, hingga pengenalan desain yang menarik untuk menarik pelanggan. 

Baca juga : Peradi Punya Standar Baku Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Terakhir acara ini ditutup dengan pemberian serta demo produk baru yang sama sama mengubah limbah menjadi produk berkualitas, yaitu pengubahan minyak jelantah maupun limbah masak rumah tangga, menjadi lilin aromatherapy.

Selain itu, TIM 1 KKN Undip juga memberikan sebuah desain kemasan, dan website katalog sebagai bentuk dan upaya membantu digitalisasi bagi Kelompok Wanita Tani Mekar Bersemi. Ibu-ibu yang tergabung, serta petugas pembina merasa senang atas hal tersebut

Kegiatan ini berjalan lancer dan tergolong sukses dibuktikan dengan para adience yang antusias dan melontarkan banyak pertanyaan dan menunjukan rasa keingintahuannya. Agenda ini diakhiri dengan foto Bersama dengan anggota Kelompok Wanita Tani Mekar Bersemi. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat