visitaaponce.com

Jalin Kerja Sama, BPJS Kesehatan dan HIRA Siap Optimalksan Sistem Jaminan Kesehatan

BPJS Kesehatan resmi menjalin kerja sama dengan The Health Insurance Review and Assessment Service Republik Korea.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk saling bertukar informasi dalam mengoptimalkan sistem jaminan kesehatan sosial di masing-masing negara.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang dilakukan yaitu pengembangan sistem klaim digital dan pengembangan sistem pembayaran kepada seluruh fasilitas kesehatan.

Baca juga : Bali dan Kumamoto Jadi Sister Provinsi Pariwisata dan Perdagangan

Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Mundiharno mengatakan melalui kerja sama yang dilakukan harapannya dapat membawa manfaat yang signifikan bagi kedua negara, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kerja sama yang dilakukan ini melibatkan pertukaran keahlian dan pengetahuan antara kedua lembaga guna memperkuat sistem jaminan kesehatan sosial di kedua negara," jelas Mundiharno.

"Dengan berbagi pengalaman, BPJS Kesehatan dan HIRA berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di masing-masing negara,” kata Mundiharno.

Baca juga : Titik Awal Baru, Perjalanan Baru

Mundiharno menjelaskan bentuk kerja sama menyelenggarakan seminar bersama, konferensi, lokakarya, dan pertemuan tingkat profesional lainnya.

Bukan hanya itu, bentuk kerja sama yang dilakukan yaitu kedua negara bisa melakukan penelitian bersama, pelatihan, konsultasi, dan publikasi.

Untuk itu, Mundiharno mengatakan melalui pertukaran informasi dan pengalaman, khususnya terkait dengan Sistem Klaim Digital dan penanganan Anti-Fraud dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan dan HIRA dapat memperkuat sistem jaminan kesehatan, baik di Indonesia maupun Korea Selatan.

Baca juga : Daehong Communications Indonesia Raih Penghargaan dari Duta Besar Korea

Bukan hanya itu, dirinya juga meyakini bahwa kerja sama yang dilakukan bisa membawa manfaat yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di Indonesia dan Korea Selatan, serta menjadi dasar yang kuat dalam mengoptimalkan sistem jaminan sosial di bidang kesehatan.

“Kerja sama ini menandai langkah positif dalam memperkuat kerja sama bilateral di bidang kesehatan antara Indonesia dan Korea Selatan, serta menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakatnya,” tambah Mundiharno.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Direktur Eksekutif Strategi dan Manajemen HIRA, Soo-Suk Oh. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat