visitaaponce.com

Finalis Perempuan Inovasi 2023 Unjuk Gigi di Demo Day

Finalis Perempuan Inovasi 2023 Unjuk Gigi di Demo Day
Para peserta Perempuan Inovasi 2023.(DOK MARKODING)

PROGRAM Perempuan Inovasi 2023 kini telah mencapai puncaknya. Para peserta yang telah menjadi finalis program berkesempatan untuk mempresentasikan inovasi yang telah mereka ciptakan pada saat sesi “Demo Day” sebagai salah satu rangkaian acara “Graduation Day Perempuan Inovasi 2023”. Finalis yang terpilih sebagai juara 1 Program Perempuan Inovasi 2023 akan berkesempatan meraih hadiah dan juga kesempatan lapangan pekerjaan yang lebih baik dan layak.

Amanda Simanjuntak, Founder & CEO Markoding mengungkapkan, “Senang sekali bisa menjadi bagian perjalanan istimewa para siswa Perempuan Inovasi. Melalui perayaan “Graduation Day” ini, menjadi bukti nyata bagaimana kami berkomitmen dan berkontribusi pada inovasi teknologi di Indonesia. Kami percaya para siswa berprestasi ini akan mendapat kehidupan yang lebih baik, peluang yang lebih banyak, pendapatan yang lebih layak, yang nantinya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga.”

Program ini dimulai dari tahap registrasi yang telah dikurasi dari 37 provinsi di Indonesia dengan angka 16.596 perempuan mendapatkan dan mengikuti Preliminary Round Basic Course yaitu webinar pelatihan basic web development dan UI/UX design. Di Final Round, 36 peserta yang terpilih mendapatkan beasiswa Tech Bootcamp di mana program pelatihannya difokuskan pada full stack web development dan full web UI/UX design.

Baca juga : Startup MySkill Bantu Kalangan Generasi Muda Tingkatkan Kompetensi

Dari sana, siswa akan memulai perjalanan karier awal mereka dengan program internship, freelance, dan kesempatan kerja lain ataupun sebagai entrepreneur. Para top students mendapatkan privilege untuk menampilkan projek digital prototypes mereka di “Demo Day” dan juga merayakannya dengan selebrasi kelulusan dalam “Graduation Day Perempuan Inovasi”.

Di momen “Graduation Day” ini Perempuan Inovasi juga mengumumkan siswa terbaik yang mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi setelah mengikuti program belajar bersama Perempuan Inovasi. Kategori pengumuman awarding ini dibagi menjadi dua kategori yaitu WebDev dan UI/UX Design dengan masing-masing tiga (3) pemenang, yaitu juara 1, juara 2, dan juara 3.

Dari ke-6 (enam) kelompok tersebut, dalam kategori WebDev, kelompok Rangkayo Rasuna Said - Equip Parenting yang diperkuat Diah Purnama Sari, Diandra Regita Abigail Damanik, Hamiyawati Qoimatu Dini Alfaruqi, dan Nazilahkeluar menjadi juara 1. Sementara dalam kategori UI/UX Design, kelompok Maria Ulfa Santoso-She Grows merebut gelar juara 1 dan anggotanya ialah Novita Lia Nurliam Sari, Margaretha Hernawati, dan Salsabila Bazaluna Febriadini.

Baca juga : Lima Keterampilan Ini bikin Pekerja Punya Prospek Cerah di 2024

“It’s an honour for me bisa mendampingi para perempuan berprestasi. Bagi saya “Graduation Day” ini menjadi momentum bangga tidak hanya bagi Perempuan Inovasi terlebih juga bagi para siswa. Kami ingin lebih meningkatkan kontribusi dan juga mendorong perempuan Indonesia untuk terus improve dan berinovasi tidak hanya di bidang teknologi digital tapi juga hal lain. Kami berupaya untuk terus menjadi wadah untuk menciptakan generasi gilang gemilang dan menciptakan generasi pemimpin secara khusus perempuan,” ungkap Dian Sastrowardoyo, Founder Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Bersamaan dengan “Graduation Day” berakhir juga program batch 2 yang sudah dilakukan dan menandakan dibukanya kembali program beasiswa batch 3 bagi peserta. Fokus pembelajaran Perempuan Inovasi masih mengacu pada Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM). Kami berharap perempuan lebih punya ruang untuk bertumbuh, bergerak, dan juga berdampak bagi lingkungan sekitar. 

Perempuan Inovasi berangkat dari nilai dan visi untuk membekali, menggali, dan meningkatkan potensi para perempuan Indonesia yang diusung oleh Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia. Dengan misi membangun generasi perempuan Indonesia yang berdaya, berinovasi, berkontribusi, dan berdampak bagi bangsa. 

Program Perempuan Inovasi merupakan serangkaian aktivitas yang memberikan pengetahuan dan pelatihan keterampilan abad 21 kepada perempuan Indonesia yang nantinya dapat digunakan dalam ranah pekerjaan profesional. Pelatihan dan juga materi pembelajaran Perempuan Inovasi juga mendapatkan atensi serta dukungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat