visitaaponce.com

Manfaat dan Cara Mengolah Wortel Menjadi Masakan

Manfaat dan Cara Mengolah Wortel Menjadi Masakan
ilustrasi(MI/RAMDANI)

WORTEL merupakan salah satu bahan makanan yang serbaguna dan populer di seluruh dunia, terutama di Tiongkok dan Amerika Serikat. Wortel dapat menjadi bagian dari berbagai jenis diet populer, seperti vegan, keto, dan paleo. Selain itu, wortel juga menjadi bahan utama dalam berbagai masakan dari berbagai belahan dunia, mulai dari gajar ka halwa (India), morkovcha (Korea), hingga carrot cake (Amerika Serikat).

Menurut laman webmd.com, untuk mempersiapkan wortel, bersihkan secara menyeluruh dengan air dan gosoklah kotoran yang ada. Anda dapat mengupasnya dengan alat pengupas sayuran atau pisau jika diinginkan, namun hal ini tidaklah wajib.

Setelah itu, Anda bisa memotong wortel menjadi batangan dan menyantapnya dengan hummus atau saus yogurt. Jika Anda tidak menyukai wortel yang renyah, Anda dapat mengukus, merebus, atau memanggangnya dan menyajikannya sebagai hidangan pendamping. Wortel juga cocok untuk dimasak dalam hidangan gurih seperti sup daging, pai ayam, dan tumis.

Baca juga : 5 Manfaat Susu Evaporasi bagi Kesehatan Tubuh

Akar Wortel
Akar wortel merupakan bagian wortel yang biasa kita makan. Wortel kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, karotenoid, dan serat pangan. Anda dapat menyantapnya mentah atau dimasak, sebagai camilan, hidangan pendamping, atau jus.

Daun Wortel
Daun wortel adalah bagian dari wortel yang memiliki daun. Daun wortel adalah bahan makanan yang kaya gizi dan memiliki rasa pedas. Daun wortel dapat dijadikan bahan tambahan dalam salad seperti panzanella (sebagai pengganti peterseli) atau saus seperti chimichurri.

Wortel Glazur
Wortel glazur adalah hidangan sampingan yang lezat dan mudah disiapkan. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunakan tangan yang bersih, cuci, kupas, dan potong 1 pon wortel menjadi potongan 1 inci.
2. Cairkan 2 sendok makan margarin dalam wajan dengan api kecil, lalu tambahkan wortel. Aduk hingga wortel terlapisi.
3. Tambahkan secangkir air, serta sedikit garam dan merica ke wortel. Tutup wajan dan biarkan mendidih selama sekitar 15 menit hingga wortel empuk.
4. Tiriskan air, lalu tambahkan 2 sendok teh gula ke wortel.
5. Tutup wajan dan kocok di atas kompor selama 1 menit.
6. Terakhir, buka penutup dan masak selama 1 menit lagi hingga wortel terlihat glazur, tapi tidak berwarna cokelat.

Berapa Lama Merebus Wortel
Sebaiknya merebus wortel sesingkat mungkin untuk mempertahankan nilai nutrisinya. Merebus dapat menurunkan aktivitas antioksidan dalam wortel dan nutrisi seperti vitamin C, tetapi membuat tubuh lebih mudah menyerap karoten. Anda dapat merebus wortel selama 5-10 menit hingga empuk.(P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat