visitaaponce.com

Jerman Dukung Ancaman AS ke Rusia Soal Pipa Gas Nord Stream 2

Jerman Dukung Ancaman AS ke Rusia Soal Pipa Gas Nord Stream 2
Pipa gas Nord Stream 2.(John MACDOUGALL / AFP)

Kanselir Jerman Olaf Scholz meyakinkan sekelompok senator AS bahwa pipa gas Nord Stream 2 yang kontroversial tidak akan dilanjutkan jika Rusia menginvasi Ukraina.

Pemimpin Minoritas Senat AS Mitch McConnell mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan sekelompok rekan telah diberikan jaminan saat makan malam dengan Scholz, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Washington sejak menggantikan Angela Merkel.

"Kabar baiknya adalah dia mengonfirmasi apa yang dikatakan Presiden (Joe) Biden kemarin: bahwa jika invasi terjadi, Nord Stream 2 tidak akan maju," katanya.

Pada Senin, Scholz tidak terlalu jelas tentang seberapa jauh dia bersedia untuk menghukum Rusia jika serangan diluncurkan oleh lebih dari 100.000 tentara yang diperintahkan Presiden Vladimir Putin untuk berkumpul di perbatasan Ukraina.

Dalam konferensi pers bersama dengan Biden, kanselir mengatakan bahwa keduanya benar-benar bersatu terkait sanksi terhadap Rusia. "Kami akan melakukan langkah yang sama," tambahnya.

Tetapi saat ditanya langsung untuk mengomentari Nord Stream 2, dia berulang kali menghindari menyebutkan nama pipa atau mengonfirmasi secara langsung bahwa dia akan mendukung penghapusan infrastruktur.

Di sisi lain, Biden berjanji akan menutupnya jika Moskow melancarkan invasi ke Ukraina. (AFP/OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat