visitaaponce.com

Vaksin Antimalaria Bekerja Efektif di Afrika

Vaksin Antimalaria Bekerja Efektif di Afrika
Seorang nakes menyuntikkan vaksin malaria kepada seorang anak di sebuah rumah sakit di Yala, Kenya.(AFP/Brian Ongoro)

LEBIH dari 1 juta anak di Ghana, Kenya, dan Malawi menerima satu dosis vaksin antimalaria pertama. Data itu diungkap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Vaksin terbaru dengan kode RTS,S, yang mulai digunakan di Malawi, April 2019 itu terbukti aman dan secara substansial mengurangi kasus penyakit malaria

Dunia memperingati Hari Malaria pada 25 April.

Baca juga : Mosquirix, Vaksin Malaria Pertama untuk Anak yang Direkomendasikan WHO

WHO merekomendasikan vaksin dipergunakan secara luas untuk anak-anak di negara dengan ancaman malaria yang tinggi. Itu seperti di Afrika sub-Sahara sebab berdasarkan bukti, vaksi ini dapat menyelamatkan nyawa antara 40.000 dan 80.000 anak di Afrika setiap tahun.

"Vaksin ini bukan hanya terobosan ilmiah, tetapi juga mengubah hidup keluarga di seluruh Afrika," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pernyataan resmi.

"Ini menunjukkan kekuatan sains dan inovasi untuk kesehatan. Meski begitu, ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan alat yang lebih banyak dan lebih baik untuk menyelamatkan nyawa dan mendorong kemajuan menuju dunia bebas malaria," lanjutnya.

Baca juga : Peluncuran Vaksin Malaria di Kamerun Menandai Perubahan Paradigma dalam Perang Melawan Penyakit

Lebih dari US$155 juta telah dialokasikan untuk pengadaan vaksin tersebut. RTS,S, diproduksi oleh perusahaan raksasa farmasi Inggris GSK.

Vaksin itu bekerja dengan melawan plasmodium falciparum, parasit yang ditularkan oleh nyamuk paling mematikan di seluruh dunia dan paling banyak ditemukan di Afrika.

RTS,S adalah vaksin generasi pertama dan dapat dilengkapi dengan vaksin lain dengan kemanjuran yang serupa atau lebih tinggi di masa depan, kata WHO. Organisasi itu juga menyambut baik kemajuan dalam pengembangan metode pencegahan lain.

Baca juga : WHO Rekomendasikan Penggunaan Vaksin Malaria Pertama untuk Anak

Anggaran pencegahan penyakit ini mencapai US$851 juta per tahun untuk periode 2021-2030. Malaria adalah penyakit yang sudah lama diperangi sejak dulu.

Penyakit ini menyebabkan demam, sakit kepala dan nyeri otot hingga demam tinggi hingga menggigil atau berkeringat. Ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani secara tepat.

Sekitar 90% kasus malaria dunia tercatat di Afrika, tempat 260.000 anak meninggal karena penyakit itu setiap tahun. (France24/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat