visitaaponce.com

Batalion Azov Tolak Menyerah, Rusia Siap Gempur Pabrik Baja Azovstal

Batalion Azov Tolak Menyerah, Rusia Siap Gempur Pabrik Baja Azovstal
Batalion Azov yang disebut sebagai Neo-Nazi berkumpul di wilayah Mariupol, Ukraina, sebelum terdesak dan bertahan di pabrik baja.(AFP/Sergey Bobok)

UKRAINA mengatakan bahwa Rusia berusaha menghancurkan tentara yang tersisa yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di Mariupol.

"Penjajah Rusia fokus untuk memblokir dan mencoba menghancurkan unit Ukraina di daerah Azovstal," kata tentara Kyiv dalam sebuah pernyataan pada Kamis (5/5).

"Dengan dukungan pesawat, Rusia melanjutkan serangan untuk mengambil kendali pabrik itu," tambahnya.

Pernyataan itu muncul saat gencatan senjata yang diumumkan Rusia akan dimulai di pabrik yang dikepung tersebut.

Di pabrik itu terdapat ratusan tentara Ukraina dari batalion Azov, kelompok ultransionalis dan dikenal sebagai Neo-Nazi  yang berusaha bertahan dan beberapa warga sipil yang telah terperangkap selama berminggu-minggu.

Baca juga: Intel AS Diklaim Bantu Ukraina Targetkan Jenderal Rusia

Seorang komandan batalion Azov, yang memimpin pertahanan Mariupol, mengatakan pada Rabu (4/5) malam bahwa tentara Rusia telah memasuki pabrik itu dan bahwa ada pertempuran berdarah yang sedang berlangsung.

"Selama dua hari, musuh menyerbu masuk ke dalam pabrik baja," kata komandan Azov Denys Prokopenko dalam sebuah video di Telegram.

"Situasinya sangat sulit tetapi meskipun demikian kami terus menjalankan perintah untuk mempertahankan pertahanan," ucapnya.

Pada Rabu (4/5), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Sekjen PBB Antonio Guterres untuk membantu menyelamatkan unitnya di Azovstal.

Pemimpin Ukraina itu mengatakan dalam pidato video terpisah kemudian bahwa masih ada warga sipil - perempuan dan anak-anak - yang terjebak di Azovstal dan bahwa Kyiv sedang bernegosiasi untuk menyelamatkan mereka. (AFP/Nur)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat