visitaaponce.com

Korea Selatan Umumkan Periode Berkabung Nasional, Selebritas Hapus Unggahan Halloween

Korea Selatan Umumkan Periode Berkabung Nasional, Selebritas Hapus Unggahan Halloween
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di lokasi kejadian.( YONHAP / AFP)

Sehubungan dengan kejadian yang menimpa turis lokal dan mancanegara di Itaewon, Seoul, pada malam Halloween atau Sabtu (29/10) malam, pemerintah Korea Selatan mengumumkan periode berkabung nasional.

Semua acara atau event entertainment yang seharusnya diadakan Minggu (30/10) akan ditunda sebagai bentuk bela sungkawa untuk para korban.

Program-program tersebut di antaranya adalah Running Man dengan Jin BTS sebagai tamu, SMTOWN WONDERLAND 2022, Inkigayo, bahkan konser dari penyanyi trot terkenal Jang Yoon Jeong di Jinju ditunda. Festival Busan One Asia 2022 yang seharusnya diadakan pada hari Minggu (30/10) juga ikut dibatalkan.

Pihak Big Hit atau agensi Jin BTS juga mengumumkan penundaan perilisan konten Stationhead Listening Party dan ‘The Astronaut’ Lyric Video yang merupakan bagian dari promosi solo dari Jin BTS sebelum Ia mengikuti wajib militer.

Beberapa artis yang semalam menggunggah postingan Halloween di media sosial seperti Bobby iKON dan J-Hope BTS pun turut menghapus postingan mereka.

Aktris Indonesia yang sedang berkarier di negeri ginseng yaitu Yannie Kim ikut mengucapkan ucapan duka cita untuk para korban melalui media sosialnya. Komedian asal Australia yang juga berkarier di Korea Selatan yakni Sam Hammington juga ikut menggunggah foto dengan tulisan “Pray for Itaewon” untuk mendorong pengikutnya agar mendoakan korban-korban Itaewon.

Sementara itu, kejadian di Itaewon menuai banyak komentar negatif dari warganet. Dalam beberapa video dan gambar yang beredar, walaupun ambulans sudah banyak berdatangan namun mereka masih tetap berdansa dan bernyanyi mengikuti alunan musik.

“Ini tidak berperikemanusiaan,” ujar @kil*** di Twitter.
“Sangat tidak sopan dan kurang ajar,” cuit @kimm*** di Twitter.

Diketahui sampai artikel ini ditulis, jumlah korban meninggal sudah mencapai 151 orang, 19 di antaranya adalah turis mancanegara yang berasal dari Uzbekistan, Tiongkok, Norwegia, dan lain-lain. Berdasarkan pernyataan KBRI, tidak ada korban yang berasal dari Republik Indonesia. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat