visitaaponce.com

Rusia Tolak Batas Harga Minyak 60 Per Barel dari Uni Eropa

Rusia Tolak Batas Harga Minyak $60 Per Barel dari Uni Eropa
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov(AFP)

PEMERINTAH Rusia menolak batas harga $60 untuk minyaknya yang ditetapkan oleh sekutu Barat Ukraina dan memperingatkan tanggapannya karena Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan itu "cukup nyaman" untuk Moskow di tengah dorongan dari Kyiv untuk batas yang lebih rendah.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Sabtu bahwa Rusia tidak akan menerima batas atas harga, menambahkan bahwa perlu menganalisis situasi sebelum memutuskan tanggapan tertentu.

Uni Eropa, G7 dan Australia pada hari Sabtu menyetujui batas harga $60 per barel untuk minyak lintas laut Rusia. Ini akan mulai berlaku pada 5 Desember.

"G7 dan semua Negara Anggota UE telah mengambil keputusan yang akan memukul pendapatan Rusia lebih keras dan mengurangi kemampuannya untuk mengobarkan perang di Ukraina," kata Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dalam sebuah pernyataan.

“Ini juga akan membantu kami menstabilkan harga energi global, menguntungkan negara-negara di seluruh dunia yang saat ini dihadapkan dengan harga minyak yang tinggi,” katanya.

Tetapi perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov, memperingatkan bahwa pendukung topi Eropa akan menyesali keputusan mereka.

"Mulai tahun ini, Eropa akan hidup tanpa minyak Rusia," cuit Ulyanov.

“Moskow telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan memasok minyak ke negara-negara yang mendukung pembatasan harga anti-pasar. Tunggu, UE akan segera menuduh Rusia menggunakan minyak sebagai senjata,”

Mohamed Vall dari Al Jazeera, melaporkan dari Moskow, mengatakan bahwa Rusia telah mempersiapkan keputusan ini sebelumnya. “Rusia tahu bahwa mereka harus menggunakan beberapa infrastruktur alternatif untuk mengekspor minyaknya ke negara-negara yang tidak mau menandatangani keputusan ini,” kata Vall.

Namun, pembeli minyak terbesar Rusia – Tiongkok dan India – tidak berkomitmen pada tutup minyak.

Di bawah perjanjian hari Jumat, perusahaan asuransi dan perusahaan lain yang diperlukan untuk mengirimkan minyak hanya akan dapat menangani minyak mentah Rusia jika harga minyak berada pada atau di bawah batas. Sebagian besar perusahaan asuransi berlokasi di UE dan Inggris Raya dan mungkin diminta untuk mematuhi batas atas.

Minyak mentah Rusia telah dijual sekitar $60 per barel, diskon besar dari patokan internasional Brent, yang ditutup Jumat di $85,42 per barel.

UE juga akan menghentikan impor produk minyak Rusia mulai 5 Februari. Batas harga G7 untuk produk minyak juga akan ditetapkan di kemudian hari, menggunakan mekanisme yang persis sama dengan minyak mentah, kata Komisi.

Pembatasan harga bertujuan untuk menekan ekonomi Rusia dan semakin mengurangi kemampuannya untuk membiayai perang yang telah menewaskan banyak warga sipil dan pejuang, mendorong jutaan orang Ukraina dari rumah mereka dan membebani ekonomi dunia selama lebih dari sembilan bulan. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Snowden Senang dapat Paspor Rusia

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat