visitaaponce.com

Nama Fiona dan Ian Dihapus dari Daftar Badai

Nama Fiona dan Ian Dihapus dari Daftar Badai
Badai Fiona bergerak menuju Amerika Serikat pada September 2022.(AFP/NOAA/GOES)

KEMATIAN dan kehancuran yang disebabkan oleh Badai Fiona dan Ian tahun lalu telah mendorong badan cuaca Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menghapus nama-nama tersebut dari daftar bergilir nama-nama badai.

Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan bahwa Farrah akan menggantikan Fiona, sementara Idris akan menggantikan Ian setelah para ahli meteorologi memutuskan dalam sebuah pertemuan di Kosta Rika bahwa penggunaan nama-nama tersebut di masa depan dapat mengganggu.

Fiona adalah badai Atlantik kategori empat yang besar, kuat, dan merusak, yang menghantam Antilles, Puerto Riko, dan Republik Dominika, sebelum ke Kanada pada pertengahan September tahun lalu.

Badai itu merupakan peristiwa cuaca ekstrem yang paling merugikan yang pernah tercatat di Atlantik Kanada. Jumlah korban tewas mencapai 29 orang dan menyebabkan kerusakan senilai lebih dari US$3 miliar di Kanada  dan di Karibia.

Baca juga: Ancaman Badai Susulan Dikhawatirkan Terjadi setelah Tornado Mississippi

Ian tiba hanya beberapa hari kemudian. Pertama-tama menghantam Kuba sebelum menghantam Amerika Serikat (AS) sebagai badai kategori empat, dan juga merupakan salah satu badai paling kuat yang pernah terjadi di negara itu.

Ian menyebabkan lebih dari 150 kematian di AS, hampir semuanya di Florida, tempat badai ini mendarat pada 28 September.

Tercatat kerusakan lebih dari US$112 miliar dan merupakan badai termahal dalam sejarah Florida dan yang ketiga termahal di AS.

Baca juga: Badai Terbaru di California Renggut Dua Korban Jiwa

Sepanjang musim badai Atlantik tahunan, yang secara resmi berlangsung dari tanggal 1 Juni hingga 30 November, badai diberi nama agar lebih mudah diidentifikasi dalam pesan peringatan. Badai diberi nama pria dan wanita secara bergantian dalam urutan abjad. 

Secara keseluruhan, 96 nama telah dipensiunkan dari daftar sejak sistem ini pertama kali diterapkan pada 1953.

Secara keseluruhan, musim badai Atlantik 2022 menghasilkan 14 badai yang dinamai. Fiona dan Ian merupakan badai yang meningkat menjadi badai besar, dengan angin berkecepatan lebih dari 178 km/jam, menurut penghitungan akhir musim dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat