visitaaponce.com

Dokumen Ekstrimisme Etnis Uighur di Tiongkok Disita Petugas Berwajib

Dokumen Ekstrimisme Etnis Uighur di Tiongkok Disita Petugas Berwajib
Ilustrasi(Ist)

INVESTIGASI forensik yang dilakukan oleh Human Rights Watch (HRW) menyebut pihak berwenang Tiongkok memantau ponsel etnis minoritas Uighur untuk mencari 50.000 file multimedia yang dikenal sebagai penanda ekstremisme kekerasan dan kepemilikan Al-Qur’an yang memicu interogasi polisi.

Sementara daftar konten kekerasan dan teroris mencakup audio, video, dan gambar kekerasan yang diproduksi oleh kelompok-kelompok militan seperti ISIS (ISIL), daftar ini juga mencakup materi dari organisasi yang mempromosikan identitas atau penentuan nasib sendiri bagi warga Uighur, yang sebagian besar merupakan minoritas Muslim, di Xinjiang barat jauh.

Organisasi-organisasi tersebut termasuk gerakan separatis kemerdekaan Turkestan Timur, kelompok pengasingan Kongres Dunia, dan outlet berita yang didanai pemerintah Amerika Serikat, Radio Free Asia.

Baca juga:PPIT Nanjing Promosikan Budaya Dan Pariwisata Indonesia di Tiongkok

File-file tersebut juga mencakup informasi tentang pembantaian di Lapangan Tiananmen tahun 1989, yang disensor dengan ketat di Tiongkok.

Namun, beberapa konten yang ditandai untuk ditinjau tidak bersifat politis, termasuk acara perjalanan Tiongkok yang diajukan di Suriah yang disebut "On the Road", pembacaan Al-Quran dan lagu-lagu Islam.

Baca juga: Target Wisman Kini 8,5 Juta Orang, Kemenparekraf Sasar Tiongkok, India, dan Uzbekistan

"Pemerintah Cina secara keterlaluan dan berbahaya mencampuradukkan Islam dengan ekstremisme kekerasan untuk membenarkan tindakan kejinya terhadap Muslim Turki di Xinjiang," ujar Maya Wang, direktur HRW untuk Tiongkok.

"Dewan Hak Asasi Manusia PBB harus mengambil tindakan yang sudah lama tertunda dengan menyelidiki pelanggaran pemerintah Tiongkok di Xinjiang dan sekitarnya."

Daftar utama yang dianalisis oleh HRW adalah bagian dari dokumen yang lebih luas sebesar 52GB dari basis data polisi Xinjiang yang dibocorkan ke Intercept, sebuah media yang berbasis di AS, pada tahun 2019, tetapi tidak dipublikasikan hingga saat ini.

Polisi Tiongkok di Ibu Kota Xinjiang, Urumqi, mewajibkan penduduk untuk mengunduh aplikasi bernama Jingwang Weishi, yang memberi pihak berwenang kemampuan untuk memantau isi ponsel mereka. Pengunjung yang datang ke Xinjiang juga dapat diminta untuk mengunduh aplikasi serupa yang disebut Fengcai.

Meskipun polisi secara resmi memantau materi ekstremis, HRW mengatakan bahwa sebuah analisis terhadap basis data polisi menunjukkan bahwa, dalam banyak kasus, etnis Muslim ditandai sebagai pendukung ekstremisme kekerasan hanya karena mempraktikkan atau menunjukkan ketertarikan pada agama mereka. (Aljazeera/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat