visitaaponce.com

Pawang Hujan Dilibatkan dalam KTT ASEAN Ini Jawaban Moeldoko

Pawang Hujan Dilibatkan dalam KTT ASEAN? Ini Jawaban Moeldoko
Pawang hujan Rara Isti Wulandari (tengah) melakukan ritual saat hujan mengguyur Pertamina Mandalika International Street Circuit.(Antara)

Pawang hujan Rara Istiani Wilandari pernah turut ambil bagian dalam agenda besar di Nusa Tenggara tahun lalu. Kala itu, ia mengklaim membantu menyudahi hujan yang turun saat gelaran Moto GP Mandalika berlangsung.

Kini, agenda besar kembali dihelat di Nusa Tenggara, yakni KTT ke-42 ASEAN. Apakah pawang hujan yang dikenal dengan sebutan Mbak Rara ini akan kembali ikut serta menjaga cuaca selama konferensi itu berlangsung?

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengakui bahwa pemerintah akan melakukan modifikasi cuaca. Hanya saja, tidak menggunakan jasa Mbak Rara. Pemerintah memerintahkan TNI AU untuk mencegah hujan turun di daerah yang menjadi tempat-tempat pertamuan para pemimpin negara.

Baca juga: Pawang Hujan dan Persitegangan Metodologi

"TNI AU akan mengebom awan-awan. Kalau dari udara yang mau mendekat ke sini, awannya tebal, nanti disiram dengan garam supaya segera cair," ujar Moeldoko, Selasa (9/5).

Lebih lanjut, mantan Panglima TNI itu juga memastikan infrastruktur digital selama penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo telah siap.

Baca juga: KTT ASEAN bukan Sebatas Seremonial Semata

Berbagai antisipasi terkait permasalahan jaringan telah disiapkan, sehingga diharapkan tidak akan ada hambatan-hambatan yang terjadi.

"Kemarin waktu kunjungan pertama dengan Pak Menteri Kominfo sudah menerima berbagai antisipasi dari teman-teman, dan sudah disiapkan semua oleh Kemkominfo. Kita sudah mengecek dengan PT Telkom semua infrastruktur," jelassnya.

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko juga meninjau para wartawan peliput KTT Ke-42 ASEAN di layanan akomodasi gratis Kapal Motor (KM) Sinabung di Pelabuhan Labuan Bajo, NTT.
 
"Saya ingin menyampaikan apresiasi, rasa hormat dan terima kasih kepada teman-teman wartawan. Teman-teman media bisa memahami atas kesulitan yang dihadapi oleh Panitia KTT ASEAN, khususnya di bidang akomodasi atau kamar atau perhotelan," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat