visitaaponce.com

Erick Thohir Perkenalkan SMEs Hub di KTT ASEAN 2023

Erick Thohir Perkenalkan SMEs Hub di KTT ASEAN 2023
Erick Thohir meninjau SMEs Hub di Labuan Bajo, NTT.(Istimewa)

Menteri BUMN Erick Thohir memperkenalkan UMKM Indonesia kepada dunia melalui Small Medium Enterprises (SMEs) Hub yang merupakan rangkaian kegiatan pendukung dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah tersebut, menurutnya, sangat penting mengingat UMKM adalah ujung tombak dari fondasi ekonomi Tanah Air.

"Oleh karena itu Kementerian BUMN dan kementerian/lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pembiayaan dan penguatan target pasar, seperti yang kita lakukan sekarang," ujar Erick melalui keterangan resmi, Selasa (9/5).

Melalui proses kurasi yang sangat ketat, ditunjuk 50 pelaku UMKM untuk terlibat dalam pameran yang berlokasi di kawasan Waterfront, Labuan Bajo. Sebanyak 40 dari mereka merupakan binaan Kementerian BUMN dan sejumlah instansi pemerintahan alinnya. Adapun, 10 lainnya adalah para pelaku UMKM lokal di NTT.

Baca juga: Pawang Hujan Dilibatkan dalam KTT ASEAN? Ini Jawaban Moeldoko

Saat meninjau SMEs Hub secara langsung, Erick menyebut produk-produk lokal kini tidak kalah bersaing dengan barang-barang luar negeri. Bahkan, menurutnya, untuk beberapa produk, Indonesia jauh lebih unggul.

"Banyak UMKM kita yang sudah menembus pasar Eropa dan dipasarkan di Italia. Ini merupakan bukti bahwa BUMN siap untuk mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan dan pembiayaan, termasuk melalui pembinaan dari Rumah BUMN," ucapnya.

Baca juga: PPP Disebut Lebih Pilih Erick Thohir Dibanding Sandiaga

Melihat tingginya antusiasme pengunjung, Erick Thohir yakin SMEs Hub dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong mereka memasuki pasar dunia.
 
SMEs Hub dibuka dalam dua periode. Periode pertama yakni 9 sampai 11 Mei 2023, dikhususkan bagi para delegasi negara-negara ASEAN. Kemudian, periode kedua, pada 12 dan 13 Mei, SMEs Hub dibuka untuk umum. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat