visitaaponce.com

PBB Butuh Bantuan US3 miliar terhadap Pengungsi Sudan

PBB Butuh Bantuan US$3 miliar terhadap Pengungsi Sudan
Asap mengepul di atas gedung-gedung di Khartoum selatan di tengah pertempuran(AFP)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan setidaknya dibutuhkan US$3,03 miliar untuk menyediakan bantuan mendesak di Sudan yang dilanda konflik dan lebih dari satu juta orang diperkirakan akan mengungsi ke negara-negara tetangga tahun ini.

"Kebutuhan telah melonjak sejak konflik berdarah meletus di Sudan bulan lalu,” kata PBB.

"Saat ini, 25 juta orang, atau lebih dari setengah populasi Sudan membutuhkan bantuan kemanusiaan dan perlindungan," kata Ramesh Rajasingham, kepala biro badan kemanusiaan PBB di Jenewa, kepada para wartawan.

Baca juga: Lelah Jadi Korban Perang, Pengungsi Antre untuk Hengkang dari Sudan

"Itu adalah angka tertinggi yang pernah kami lihat di negara ini,” tambahnya.

Pertempuran meletus pada 15 April antara panglima angkatan darat Abdel Fattah al-Burhan dan mantan wakilnya, Mohamed Hamdan Daglo, yang memimpin Pasukan Pendukung Cepat (RSF).

Baca juga: Pertempuran Sengit Berlanjut di Khartoum Sudan

Sekitar 1.000 orang telah terbunuh, di dalam dan di sekitar Khartoum dan negara bagian Darfur Barat yang porak-poranda. Lebih dari 5.000 orang terluka dan jutaan orang lainnya masih terkurung di rumah mereka, “Mereka tidak dapat mengakses layanan dasar dan perawatan kesehatan," sebut Rajasingham.

Ia juga menunjuk pada laporan-laporan yang mengkhawatirkan tentang meningkatnya kekerasan seksual, dan memperingatkan anak-anak sangat rentan dalam kekacauan yang sedang terjadi tersebut.

Pertempuran telah memperdalam krisis kemanusiaan di Sudan, dimana satu dari tiga orang telah bergantung pada bantuan sebelum perang. (AFP/Fer)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat