visitaaponce.com

Panda yang Dipinjamkan Tiongkok ke Thailand Mati

Panda yang Dipinjamkan Tiongkok ke Thailand Mati
Dua ekor panda yang dipinjamkan Tiongkok ke Thailand, salah satunya adalah Lin Hui, di Kebun Binatang Chiang Mai.(AFP/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)

SEEKOR panda yang dipinjamkan Tiongkok ke Thailand mati pada bulan lalu akibat pembekuan darah akibat usia tua. Hal itu diungkapkan pejabat Kebun Binatang Thailand dalam sebuah pernyataan resmi, Selasa (23/5).

Lin Hui tinggal di sebuah kandang ber-AC di Kebun Binatang Chiang Mai sejak 2003 dan dijadwalkan akan dikembalikan ke Tiongkok pada Oktober.

Panda berusia 21 tahun itu merupakan bagian dari program diplomasi panda di Thailand utara, area yang bermasalah dengan polusi udara.

Baca juga: Kebun Binatang di Skotlandia Berencana Pulangkan Sepasang Panda Raksasa ke Tiongkok

"Usia tuanya menyebabkan kondisi pembuluh darahnya memburuk sehingga menghasilkan pembekuan darah di sejumlah organ yang berujung pada kematian," ujar Kebun Binatang Chiang Mai.

Panda itu mengalami mimisan sebelum kemudian koma dan akhirnya mati.

Kebun Binatang Chiang Mai mengatakan mimisan itu terjadi akibat adanya tumor di pembuluh darah hidung.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Tiongkok akan Berikan Panda kepada Qatar

Matinya Lin Hui memicu gelombang ucapan belasungkawa termasuk dari sejumlah politisi.

Direktur Kebun Binatang Chiang Mai Wutthichai Muangman mengatakan Thailand harus membayar sebesar 15 juta baht kepada Tiongkok sebagai ganti rugi atas kematian Lin Hui.

Pemerintah Tiongkok mengatakan juga akan menyelidiki kematian Lin Hui dan mengungkapkan penyesalan mereka karena panda itu tidak bisa diselamatkan. (AFP/Z-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat