visitaaponce.com

Rusia Rencanakan Insiden Besar-besaran di Lokasi Nuklir Zaporizhzhia

Rusia Rencanakan Insiden Besar-besaran di Lokasi Nuklir Zaporizhzhia
pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia milik Rusia.(AFP)

KEMENTERIAN Pertahanan Ukraina telah memperingatkan Rusia berencana untuk mensimulasikan kecelakaan besar di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang berada di bawah kendali pasukan Rusia. Mereka berupaya menggagalkan serangan balasan yang diperkirakan akan dilakukan oleh Ukraina untuk merebut kembali wilayahnya tersebut.

Pembangkit listrik Zaporizhzhia, yang terletak di wilayah Ukraina selatan yang diduduki Rusia, adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa dan daerah tersebut telah berulang kali dihantam penembakan dan kedua belah pihak saling menyalahkan satu sama lain atas serangan berbahaya tersebut.

Menjelang serangan balasan yang diperkirakan akan dilakukan oleh Ukraina, kekhawatiran telah meningkat bahwa bencana nuklir dapat terjadi di tengah meningkatnya aktivitas militer di sekitar Zaporizhzhia.

Baca juga: Rusia Pindahkan Kapal Selam Nuklir Baru ke Pasifik

"Rusia sedang mempersiapkan provokasi besar-besaran dan meniru kecelakaan di pembangkit nuklir Zaporizhzhia dalam beberapa jam ke depan," kata direktorat intelijen kementerian pertahanan Ukraina.

"Mereka berencana untuk menyerang wilayah ZNPP (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia). Setelah itu, mereka akan mengumumkan kebocoran zat radioaktif," sebut direktorat intelijen dalam sebuah pernyataan dan kemudian di saluran media sosial.

Baca juga: AS Desak Rusia Rilis Data Hulu Ledak Nuklir

Laporan mengenai bocornya bahan radioaktif dari PLTN tersebut akan menyebabkan insiden global dan memaksa dilakukannya investigasi oleh pihak berwenang internasional, di mana semua permusuhan akan dihentikan.

"Rusia kemudian akan menggunakan jeda dalam pertempuran itu untuk mengumpulkan kembali pasukannya dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghentikan serangan balasan Ukraina, kata badan intelijen tersebut.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat