visitaaponce.com

Besok, Turki Adakan Pemungutan Suara Ulang Pilih Presiden

Besok, Turki Adakan Pemungutan Suara Ulang Pilih Presiden
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya Emine Erdogan saat meninggalkan TPS usai pemungutan, di Istanbul (14/3/2023)(OZAN KOSE / AFP )

TURKI akan mengadakan pemungutan suara ulang pada hari Minggu (28/5) untuk memilih presiden setelah tidak ada kandidat yang mampu mencapai ambang batas 50% pada putaran pertama yang diadakan pada tanggal 14 Mei lalu.

Pemungutan suara akan dimulai pada hari Minggu pukul 8 pagi waktu setempat (05.00 GMT) dan berakhir pada pukul 5 sore waktu setempat (14.00 GMT).

Lebih dari 60 juta orang terdaftar untuk memberikan suara, termasuk 4,9 juta pemilih pemula. Sebanyak 191.885 kotak suara telah disiapkan untuk para pemilih di negara ini.

Baca juga: Pemilihan Presiden Turki Pengaruhi Masa Depan Pengungsi Suriah

Menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Turki, lebih dari 1,89 juta orang - 1.895.430, telah memberikan suara mereka di misi luar negeri dan pintu-pintu bea cukai Turki pada pukul 10.00 waktu setempat (07.00GMT) pada hari Kamis.

Pemungutan suara di misi diplomatik berakhir pada hari Rabu, sementara pemungutan suara akan berlanjut di gerbang bea cukai hingga pukul 17.00 waktu setempat (14.00 GMT) pada hari Minggu.

Baca juga: Turki: Lebih dari 550.000 Warga Suriah Kembali ke Negaranya

Pada pemilu 14 Mei lalu, sebanyak 1.839.470 warga negara Turki yang berada di luar negeri pergi ke tempat pemungutan suara untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden dan parlemen.

Mereka yang tidak dapat memberikan suara mereka dalam waktu yang ditentukan di negara tempat tinggal mereka dapat memberikan suara mereka di pintu-pintu bea cukai hingga pukul 17.00 hari Minggu.

Presiden Recep Tayyip Erdogan menyerukan kepada masyarakat untuk datang ke TPS.

"Besok, mari kita pergi ke tempat pemungutan suara bersama-sama untuk Kemenangan Besar Turki. Mari kita merefleksikan kehendak yang dimanifestasikan di Parlemen pada tanggal 14 Mei kepada Kepresidenan dengan lebih kuat kali ini," kata Erdogan di Twitter.

"Mari kita mulai Abad Türkiye dengan suara kita," tambahnya.

Jutaan pemilih pergi ke tempat pemungutan suara pada tanggal 14 Mei untuk memilih presiden dan anggota parlemen dengan 600 kursi.

Aliansi Rakyat Erdogan memenangkan mayoritas di parlemen, sementara pemilihan presiden menuju ke putaran kedua karena tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas sederhana, atau lebih dari 50% suara. Namun, Erdogan memimpin dengan 49,52%.

Erdoğan akan menghadapi Kemal Kılıçdaroğlu, pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) dan kandidat gabungan dari enam partai oposisi Aliansi Bangsa, dalam pemilihan putaran kedua. ( (anadolu agency/fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat