visitaaponce.com

PM India Kunjungi Lokasi Tabrakan Tiga Kereta

PM India Kunjungi Lokasi Tabrakan Tiga Kereta
Perdana Menteri India Narendra Modi datang ke lokasi kecelakaan kereta di Balasore, Negara Bagian Odisha.(MI/ PIB)

PERDANA Menteri (PM) India Narendra Modi telah bertolak menuju lokasi kejadian tabrakan tiga kereta di Balasore, Odisha, Sabtu (3/6). Itu setelah tim evakuasi menyatakan tidak ada korban yang terperangkap dalam puing-puing ketiga kereta yang bertabrakan pada Jumat (2/6).

Kecelakaan ini merenggut 280 nyawa penumpangnya dan melukai 900 lainnya. Peristiwa ini menjadi kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu dalam beberapa dekade terakhir.

Kecelakaan fatal ini terjadi saat Modi mendorong modernisasi jaringan kereta api era kolonial Inggris di India, yang telah menjadi negara terpadat di dunia dengan 1,42 miliar jiwa. 

Baca juga: 3 Kereta Tabrakan di India, 120 Tewas, 850 Luka-Luka

Terlepas dari upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan kereta api, beberapa ratus kecelakaan terjadi setiap tahun di jalur kereta api India.

India menerapkan jaringan kereta api terbesar di dunia di bawah satu manajemen. Modi telah terbang langsung ke lokasi kejadian dan menghabiskan setengah jam untuk memeriksa lokasi kecelakaan.

Ia kemudian pergi ke ibu kota negara bagian Odisha untuk bertemu para korban luka yang sedang menjalani pemulihan di sejumlah rumah sakit. Modi seharusnya meresmikan kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Goa dan Mumbai yang dilengkapi sistem pencegahan tabrakan.

Baca juga: Bentrokan Maut Antaretnis di Manipur India Terjadi, Penyebabnya?

Namun acara dibatalkan setelah kecelakaan fatal di Balasore, Odisha. Tiga kereta yang mengalami tabrakan tidak dilengkapi sistem tersebut. 

Juru Bicara Kementerian Perkeretaapian India Amitabh Sharma mengatakan bahwa upaya penyelamatan telah selesai.

Otoritas kereta api akan mulai memindahkan puing-puing untuk memperbaiki jalur dan melanjutkan operasi kereta api. Sekitar 200 dari 900 orang yang terluka parah dan telah dipindahkan ke rumah sakit khusus di kota-kota lain di Odisha.

Sebanyak 200 lainnya telah dipulangkan setelah menerima perawatan medis dan sisanya dirawat di rumah sakit setempat. 

Pemandangan mengenaskan terlihat usai terjadinya tabrakan tiga kereta pada Jumat (2/6) malam, di Balasore yang berjarak sekitar 220 kilometer dari barat daya Kolkata.

Tim penyelamat naik ke gerbong kereta yang rusak untuk mendobrak pintu dan jendela yang terbuka. Puluhan mayat, ditutupi kain putih, tergeletak di tanah dekat rel saat penduduk setempat dan penyelamat berlari untuk membantu para penyintas.

Tentara dan helikopter angkatan udara India bergabung dalam upaya penyelamatan. 

"Pada Jumat (2/6), pukul 10 malam waktu setempat, kami dapat menyelamatkan para penyintas. Setelah itu, kami mengevakuasi jenazah," kata Direktur Departemen Darurat Dan Kebakaran Negara Bagian Odisha Sudhanshu Sarangi.

"Ini peristiwa yang sangat, sangat tragis. Saya belum pernah melihat yang seperti ini dalam karier saya," sambungnya. (The Globe and Mail/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat