visitaaponce.com

Sebelum Meninggal Dunia, Silvio Berlusconi Sempat Jalani Perawatan Medis Leukemia

Sebelum Meninggal Dunia, Silvio Berlusconi Sempat Jalani Perawatan Medis Leukemia
Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia(AFP)

MANTAN Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi meninggal dunia pada Senin (12/6). Berlusconi merupakan Perdana Menteri Italia terlama sejak Perang Dunia II.  Berlusconi wafat di usianya yang ke-86 di rumah sakit San Raffaele Milan. Ia sebelumnya menjalani perawatan medis atas infeksi paru-paru akibat leukemia. 

Mantan pemilik klub sepak bola AC Milan ini merupakan orang terkaya di Italia dari usaha real estate dan kerajaan media terbesar Italia, Mediaset. Taipan yang dilanda skandal yang terkenal karena pesta pora partai bunga bunga-nya itu mengubah dan memonopoli politik Italia.

Dia memicu perpecahan kelompok kiri-kanan konservatif dengan front anti-Berlusconi kiri-tengah. Dikenal sebagai Cavaliere II atau Ksatria II, Berlusconi berkuasa di Italia lebih dari satu dekade.

Baca juga : Eks PM Italia Berlusconi Didiagnosa Kanker Darah

Majalah The Economist memuat cerita sampul tentang Berlusconi dengan menyebutnya sebagai orang yang mengacaukan seluruh Italia. Terlepas dari ejekan, keberaniannya yang tak terbatas, gaya politiknya yang unik, dan karirnya yang penuh gejolak menjadi buku pedoman bagi politisi ambisius di seluruh dunia, menjadikannya pendahulu populisme kontemporer.

Baca juga : Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia 

Jauh sebelum orang-orang seperti Donald Trump memainkan kartu anti-sistem, Berlusconi telah berhasil menjadikan dirinya sebagai bête noir dari kelas politik yang menurun dan terdiskreditkan. Dituduh sebagai narsis, seksis, dan mementingkan diri sendiri, Berlusconi juga berperan sebagai korban yang sama memilukan, mencerca pengadilan dan pernah mengklaim bahwa dia adalah orang yang paling teraniaya dalam sejarah dunia dan sejarah laki-laki.

Dia juga menjadi pelawak politik yang lebih daripada eks Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, lebih macho daripada Presiden Rusia Vladimir Putin. Berlusconi juga sangat menjaga kultus kepribadiannya dan ahli strategi daripada Matteo Salvini, seorang nasionalis yang sempat menggantikannya sebagai pemimpin kubu sayap kanan negara itu.

Salvini hanya untuk digantikan oleh Giorgia Meloni dari sayap kanan, Perdana Menteri Italia saat ini dan pernah menjadi menteri junior di bawah Berlusconi.

Politisi Italia yang paling banyak dibicarakan sejak Benito Mussolini, Berlusconi pernah digambarkan sebagai penyakit yang hanya bisa disembuhkan melalui vaksinasi oleh jurnalis pasca perang yang paling dihormati di negara itu, Indro Montanelli. (AFP/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat