visitaaponce.com

Italia Adakan Pemakaman Kenegaraan untuk Mantan PM Silvio Berlusconi

Italia Adakan Pemakaman Kenegaraan untuk Mantan PM Silvio Berlusconi
Suasana di luar katedral Duomo di Milan menjelang pemakaman kenegaraan mantan PM Italia Silvio Berlusconi.(GABRIEL BOUYS / AFP)

ITALIA bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi, 86, pada Rabu (14/6). Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri pemakaman kenegaraan sang miliarder di Milan.

Upacara untuk Berlusconi, akan diadakan di katedral Gothic Duomo di kota tersebut dan ditayangkan secara langsung melalui layar-layar di alun-alun.

Berlusconi telah sakit selama beberapa tahun, meskipun ia tetap menjadi ketua resmi partai sayap kanan Forza Italia, anggota pemerintahan koalisi Perdana Menteri Giorgia Meloni.

Baca juga: Perjalanan Berlusconi dan AC Milan: 30 Tahun Bawa Kejayaan untuk Rossoneri

"Mencintai atau membencinya, Anda harus mengakui bahwa dia adalah kekuatan alam," kata mantan perdana menteri Matteo Renzi pada hari Rabu, (13/6).

“Tidak akan ada yang sama lagi,” sebutnya.

Baca juga: Sebelum Meninggal Dunia, Silvio Berlusconi Sempat Jalani Perawatan Medis Leukemia

Presiden Italia Sergio Mattarella, Meloni dan rekan koalisi lainnya Matteo Salvini, ketua Liga sayap kanan, diharapkan menghadiri pemakaman, sementara Uni Eropa akan diwakili oleh komisaris ekonominya Paolo Gentiloni.

Karangan bunga besar dengan warna-warna bendera Italia berdiri di sepanjang bagian depan Duomo, di mana upacara akan dimulai pada pukul 15:00 waktu setempat (13:00 GMT), dipimpin oleh Uskup Agung Mario Delpini.

Tidak jelas apakah para pemimpin dunia saat ini atau mantan pemimpin dunia akan hadir.

Sebagai perdana menteri terlama dalam sejarah pasca-perang Italia, dan terpilih kembali menjadi anggota Senat tahun lalu, Berlusconi terkenal karena kekeliruannya yang kontroversial di panggung internasional.

Dia termasuk salah satu sahabat Presiden Vladimir Putin. Namun pemimpin Rusia itu dikenai surat perintah penangkapan internasional dan tidak dapat melakukan perjalanan ke Italia.

Berlusconi ditemani oleh kekasihnya Marta Fascina 33, yang berada di samping tempat tidurnya saat ia mengidap jenis kanker darah yang langka.

Dia diperkirakan akan duduk di bangku depan bersama dua mantan istri dan lima anak Berlusconi, beberapa di antaranya membantu menjalankan bisnisnya, yang baru-baru ini diperkirakan bernilai sekitar US$7 miliar.

"Anda adalah seorang pria yang hebat dan ayah yang luar biasa bagi anak-anak kita," tulis istri pertamanya, Carla Dall'Oglio, dalam sebuah pidato pada hari Selasa. (AFP/Fer/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat