visitaaponce.com

Tolak Abe Dimakamkan Secara Kenegaraan, Seorang Pria Bakar Diri

Tolak Abe Dimakamkan Secara Kenegaraan, Seorang Pria Bakar Diri
Lokasi tempat pria yang bakar diri(AFP/ RICHARD A. BROOKS)

SEORANG pria nekat melakukan aksi bakar diri di dekat kantor Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida. Motif pelaku memprotes keputusan pemerintah yang menggelar pemakaman kenegaraan untuk mantan PM Shinzo Abe.

Media Jepang, TV Asahi, menyebut pelaku yang tidak disebut identitasnya itu dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar di sekujur tubuhnya. Aksi bakar diri ini dilakukan pada Rabu (21/9).

Seorang polisi lokal yang berupaya memadamkan api yang membakar tubuh pria itu turut mengalami luka-luka. Pelaku menyatakan sikapnya melalui sepucuk surat yang ditemukan di dekat lokasi kejadian.

Abe tewas usai ditembak dalam acara kampanye pada 8 Juli. Pemakaman kenegaraan Abe akan digelar pada 27 September dan akan dihadiri 6.000 warga Jepang dan tamu dari negara lain.

Baca juga: Kamala Harris akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Namun pihak yang menentang acara itu semakin berkembang usai pembunuhan Abe menyingkap kaitan antara Partai Demokratik Liberal (LDP) yang menaungi Abe dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Tersangka pembunuhan Abe menyebut gereja itu membuat ibunya bangkrut dan dia merasa Abe mendukung gereja itu.

Keterkaitan dengan Gereja Unifikasi yang didirikan di Korea Selatan (KorseL) tahun 1950 silam, kini menjadi persoalan besar bagi Kishida dan LDP. Awal bulan ini, sebuah survei menunjukkan hampir setengah dari total 379 anggota parlemen pernah berinteraksi dengan Gereja Unifikasi.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat