visitaaponce.com

Alami Kekeringan, Rumput Makam Pejuang TPU Karet Bivak Tandus

Alami Kekeringan, Rumput Makam Pejuang TPU Karet Bivak Tandus
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Kacamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.(MGN)

MUSIM kemarau panjang menyebabkan sejumlah makam pejuang 45 di Blok Unit Islam Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Kacamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat mengalami kekeringan sehingga tampak tidak terawat. 

"Bisa terlihat ini makam pejuang rumputnya terlihat gersang. Yang ada benderanya makam pejuang 45 yang telah gugur," ungkap Sobarin kepada media di lokasi TPU Karet Bivak, Jumat 22 September 2023.

Sejumlah makam tersebut tersebar di sejumlah blad yang ada di Blok Unit Islam TPU Karet Bivak. Namun dari sekian banyak makam para pejuang 45, tak satupun makam pejuang 45 yang terlihat ada perawatan khusus.

Baca juga: Kasus Kebakaran di Depok Meningkat 50 Persen di Tahun 2023, Warga Diminta Waspada

"Iya, rumputnya banyak yang mengering dan mati. Tanahnya juga retak mengering," ujarnya.

Hampir rata-rata, makam-makam pejuang 45 itu terlihat tak terurus. Rerumputan di pusara makam terlihat berwarna kuning dan mengering.

Baca juga: Seluas 36 Hektare Lahan Pertanian di Garut Gagal Panen, Petani Rugi Rp11,6 M

Kerusakan di makam pejuang 45 pun bervariasi. Mulai dari rusaknya patok besi berbentuk bendera merah putih, tanaman dan rerumputan di pusara makam. Kerusakan hampir terlihat di seluruh titik makam pejuang 45 yang ada di TPU Karet Bivak.

"Ini makam pejuang 45, memang kurang ada perhatian dari pemerintah. Kalau makam pahlawan besar ada disini juga, makam Husni Thamrin yang ada batu besarnya ada di tengah sana. Kalau di Blad sini, hanya ada makam pejuang 45," katanya.

Sementara itu, salah satu petugas yang enggan disebutkan namanya mengatakan makam di TPU Karet Bivak, pihaknya hanya mengurus penyiraman terhadap makam yang hanya diperhatikan oleh pihak keluarga atau ada pesanan perawatan makam.

"Disiram ya disiram. Tapi kalo yang kondisinya begini (rusak) biasanya tidak diurus sama keluarga (pemilik makam). Jadi tak terawat," katanya.

Perlu diketahui, perawatan terhadap sejumlah makam di TPU Karet Bivak merupakan kewenangan dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat