visitaaponce.com

Kekeringan Gagalkan Musim Panen Salmon di California

Kekeringan Gagalkan Musim Panen Salmon di California
Nelayan di California dilarang menangkap ikan Salmon karena kekeringan sampai dengan September mendatang(AFP)

SARAH Bates terlihat murung memandang pelabuhan San Francisco dari atas perahu nelayan kayu.

Di masa-masa bahagia dulu, dia akan melaut setiap pagi. Namun hampir sepanjang tahun ini, ia tidak bisa berlabuh karena larangan penangkapan ikan salmon akibat kekeringan yang melanda California.

"Salmon adalah perikanan utama saya dan merupakan 90% dari penghasilan saya," kata pria berusia 46 tahun ini.

Baca juga: Kekeringan Gagalkan Musim Panen Salmon di California

Larangan ini berlaku sejak April di sepanjang pantai Golden State, dan beberapa bagian negara bagian Oregon. Moratorium ini juga akan berlangsung hingga akhir musim penangkapan ikan salmon di September mendatang.

Moratorium ini diberlakukan karena jumlah ikan salmon yang diperkirakan akan kembali ke sungai-sungai di wilayah tersebut telah berkurang drastis dan mendekati titik terendah dalam sejarah.

Baca juga: Pisang dan Salmon Turunkan Risiko Stroke pada Wanita

Kekeringan yang melanda wilayah Barat Amerika selama beberapa dekade dan diperparah oleh perubahan iklim, telah menyebabkan turunnya permukaan air sungai-sungai di California dan kondisi airnya menjadi lebih hangat.

Apalagi banyaknya bendungan yang telah dibangun di jalur-jalur air ini, sehingga kondisi yang tidak ramah ini membuat ikan salmon kesulitan untuk berenang ke hulu untuk berkembang biak, dan anak-anak mereka sering mati sebelum mencapai lautan.

"Larangan ini merupakan pukulan telak bagi California, di mana penangkapan ikan salmon menghasilkan 1,4 miliar dolar AS per tahun dan mendukung 23.000 lapangan kerja,” catat Golden State Salmon Association.

Di pelabuhan San Francisco, beberapa restoran terpaksa mengimpor salmon dari tempat yang lebih jauh, termasuk Kanada, untuk menjaga agar ikan yang populer ini tetap ada di menu mereka.

"Salmon adalah raja. Itulah yang diinginkan orang-orang," kata Craig Hanson, operator kapal sewaan berusia 60 tahun yang mengkhususkan diri dalam olahraga memancing.

"Mereka juga ikan yang sangat spektakuler untuk ditangkap. Salmon akan bertarung dengan Anda sampai akhir,” ujarnya.

Pada musim panas lalu, Hanson akan membawa perahunya keluar setiap hari. Musim ini, sang pelaut hanya melempar jangkar empat kali seminggu

Dia menyalahkan kurangnya antusiasme pelanggan untuk memancing ikan halibut atau ikan bass belang.

Meskipun kehilangan pendapatan, Hanson menyetujui larangan tersebut jika hal itu membantu masa depan industri ini, dan optimis bahwa salmon dapat segera pulih berkat hujan lebat dan salju dalam beberapa bulan terakhir.

Namun, banyak nelayan yang khawatir akan adanya larangan lagi tahun depan.

"Ikan salmon Chinook yang ditangkap di California biasanya memiliki siklus hidup tiga atau empat tahun," jelas Nate Mantua, seorang ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat