visitaaponce.com

Bersitegang dengan Iran, AS Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Teluk

Bersitegang dengan Iran, AS Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Teluk
Amerika mengirimkan jet tempur F16 ke wilayah teluk antisipasi perselisihan dengan Iran(AFP)

AMERIKA Serikat (AS) mengerahkan jet-jet tempur tambahan di sekitar Selat Hormuz untuk melindungi kapal-kapal dari upaya penyitaan Iran.

Seorang pejabat senior pertahanan AS, mengatakan bahwa AS akan mengirimkan jet-jet tempur F-16 ke wilayah Teluk akhir pekan ini.

Sebelumnya pesawat-pesawat tempur A-10 telah berpatroli di sana selama lebih dari satu minggu.

Baca juga: DPR Minta Menhan Batalkan Pembelian Jet Tempur Bekas Senilai Rp11,8 Triliun

"Peningkatan aset-aset militer Washington di wilayah ini terjadi setelah Iran mencoba untuk merebut dua kapal tanker minyak di dekat selat tersebut minggu lalu,” tulis kantor berita Associated Press (AP).

Pejabat pertahanan yang tidak ingin disebutkan namanya memberikan rincian operasi militer AS di wilayah tersebut, menurutnya F-16 akan memberikan perlindungan udara kepada kapal-kapal yang bergerak melalui jalur air dan meningkatkan visibilitas militer AS di daerah tersebut.

Baca juga: Taiwan Siagakan Sistem Rudal Darat Hadapi 10 Jet Tempur Tiongkok

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa dalam dua kejadian baru-baru ini, kapal-kapal angkatan laut Iran mundur ketika kapal perusak rudal berpeluru kendali USS McFaul tiba di lokasi.

Pejabat pertahanan tersebut menambahkan bahwa AS sedang mempertimbangkan sejumlah opsi militer untuk mengatasi meningkatnya agresi Rusia di langit Suriah.

Namun dia menolak untuk merinci opsi-opsi tersebut, dia memastikan AS tidak akan menyerahkan wilayah manapun dan akan terus melintasi di bagian barat Suriah sebagai bagian dari operasi melawan para pejuang ISIL (ISIS). (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat