visitaaponce.com

PBB Cemaskan Latihan Pasukan Rusia di Laut Hitam

PBB Cemaskan Latihan Pasukan Rusia di Laut Hitam
Kapal perang Rusia menembakan rudal saat sesi latihan di wilayah Laut Hitam(AFP)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan akan meningkatnya aksi militer di Laut Hitam setelah angkatan laut Rusia melakukan latihan tembak-menembak di sana. Kondisi itu juga membuat PBB khawatir dengan kapal-kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina akan dianggap sebagai target militer potensial.

Pasukan Moskow juga dilaporkan menyerang pelabuhan Odesa di Laut Hitam selama empat malam berturut-turut, dan menghantam gudang-gudang gandum di wilayah tersebut.

Berbicara kepada Dewan Keamanan PBB, di mana Rusia menjadi salah satu anggotanya, Rosemary DiCarlo, perwakilan senior untuk urusan politik, mengatakan bahwa ancaman untuk menargetkan kapal-kapal sipil di Laut Hitam tidak dapat diterima.

Baca juga : Kompak, AS dan Israel Mulai Latihan Militer Bersama

Setelah menarik diri dari kesepakatan yang memfasilitasi pengiriman biji-bijian yang aman dari Ukraina, Rusia telah menargetkan pasokan biji-bijian negara yang didukung Barat dan infrastruktur vital di pelabuhan-pelabuhan selatannya, termasuk Odesa dan Mykolaiv.

"Rusia menyerang Odesa dengan rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam," kata Oleg Kiper, gubernur wilayah Odesa.

Baca juga : Di Forum HLPF, Putra Bangsa Ini Inginkan PBB Totalitas Tangani Konflik

"Moskow menargetkan gudang biji-bijian lokal dan menghancurkan 100 ton kacang polong dan 20 ton jelai," katanya, dia juga menambahkan bahwa dua orang terluka.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa dampak dari serangan-serangan semacam itu melampaui Ukraina.

"Kita sudah melihat dampak negatif pada harga gandum dan jagung global yang merugikan semua orang, terutama orang-orang yang rentan di belahan bumi selatan," kata Guterres dalam sebuah pernyataan.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) mengutuk serangan di Odesa, dan mengatakan bahwa penilaian awal menunjukkan kerusakan pada beberapa museum di dalam properti Warisan Dunia.

Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk membalas dendam setelah serangan Ukraina merusak sebuah jembatan yang menghubungkan Rusia dengan semenanjung Krimea yang dianeksasi dan menewaskan dua orang.

Di Moskow, Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa sebuah kapal melakukan penembakan langsung rudal jelajah anti-kapal ke kapal target di bagian barat laut Laut Hitam.

"Kapal target dihancurkan akibat serangan rudal," katanya dalam sebuah pernyataan.

Kapal-kapal dan armada penerbangan juga telah melakukan tindakan untuk mengisolasi area yang sementara ditutup untuk navigasi, “Melakukan serangkaian tindakan untuk menahan kapal yang melanggar," tambah kementerian itu.

Kremlin mengatakan mereka akan mempertimbangkan kapal-kapal kargo yang menuju Ukraina melalui Laut Hitam sebagai target militer potensial.

Ukraina juga memperingatkan bahwa mereka mungkin akan menganggap kapal-kapal yang menuju ke pelabuhan-pelabuhan Rusia sebagai kapal yang membawa kargo militer, dengan semua risiko yang terkait.

Ukraina sebelumnya telah siap untuk melanjutkan ekspor biji-bijian dari pelabuhan-pelabuhan di bagian selatannya setelah Moskow keluar dari kesepakatan tersebut.

Kyiv telah meminta PBB dan negara-negara tetangga untuk mengamankan jalur yang aman untuk kargo melalui patroli bersama. (AFP/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat