visitaaponce.com

Temui Para Pemilik Modal Tiongkok, Jokowi Ingin Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Temui Para Pemilik Modal Tiongkok, Jokowi Ingin Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik
Presiden Jokowi dan Iriana Tiba di Chengdu, Tiongkok(Sekretariat Presiden )

PRESIDEN Joko Widodo memenuhi empat agenda pada hari kedua, Jumat (28/7), kunjungannya di Tiongkok. Dia mengajak para pemilik modal di Negeri Tirai Bambu untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jokowi menghadiri pertemuan bisnis, jamuan makan siang dengan Presiden Xi Jinping, menyapa kontingen Indonesia di FISU World University Games, dan menghadiri acara tersebut.

"Untuk rangkaian pertemuan bisnis terdapat tiga pertemuan, yaitu roundtable business dengan para pebisnis Tiongkok and INACHAM yang bergerak di sektor energi hijau, hilirisasi nikel, otomotif, kesehatan, dan impor sawit," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (28/7).

Baca juga: Hari Kedua di Tiongkok, Presiden Temui Sejumlah Pebisnis

Kemudian, kata Retno, joint call perusahaan di bidang petrokimia dan PLTA di Kaltara, juga pertemuan one-on-one dengan satu perusahaan Tiongkok yang bergerak di bidang kaca float. "Dari semua pertemuan bisnis, tampak komitmen, baik dari sisi pemerintah maupun dari swasta Tiongkok untuk meningkatkan investasi di Indonesia," paparnya.

Prioritas investasi ke depan antara lain adalah di industri hilirisasi energi baru terbarukan, kesehatan, riset untuk ketahanan pangan, dan juga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam semua pertemuan, Jokowi menekankan pentingnya penggunaan tenaga kerja lokal, ramah lingkungan dan membawa nilai tambah bagi Indonesia.

Baca juga: Jokowi Gandeng Prabowo Blusukan, Dinilai Kode Suksesi Pimpinan

"Dari tiga pertemuan bisnis tersebut, tampak komitmen untuk perluasan investasi maupun rencana investasi yang baru yang sangat besar. Nilainya puluhan milyar US$ dan salah satunya nilainya cukup besar, yaitu sekitar US$ 11,5 miliar," jelasnya.

Retno menyampaikan hasil pertemuan bisnis oleh Kementerian Kesehatan juga dihasilkan komitmen investasi lebih dari US$ 1,5 miliar. Dalam FISU World University Games Indonesia mengirim kontingen sebanyak 77 orang.

Mereka berpartisipasi di beberapa cabang olahraga, antara lain renang, judo, taekwondo, badminton, tenis, atletik dan juga dayung dan wushu. Jokowi hadir dalam pembukaan gelaran tersebut.

"Dan sebelum pembukaan Bapak Presiden telah bertemu dengan para atlet Indonesia untuk memberikan semangat. Demikian rekan-rekan hasil kunjungan hari kedua, hari terakhir Bapak Presiden ke Chengdu. Dari Chengdu Bapak Presiden akan langsung kembali ke Jakarta," pungkasnya. (Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat