visitaaponce.com

Jepang Undang Mendag Zulhas ke G7 Bahas Isu Perdagangan Berkelanjutan

Jepang Undang Mendag Zulhas ke G7 Bahas Isu Perdagangan Berkelanjutan
Mendag Jepang Yasutoshi Nishimura (kiri) bersama Mendag RI Zulkifli Hasan saat menggelar pertemuan bilateral Indonesia-Jepang di India.(Ist)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Jepang Yasutoshi Nishimura mengundang secara khusus Mendag RI Zulkifli Hasan untuk datang ke pertemuan G7 Ministers Meeting pada Oktober mendatang di Osaka, Jepang.

G7 atau Group of Seven merupakan forum antar negara-negara besar yang terdiri dari Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikan, serta Uni Eropa.

Baca juga: ASEAN dan Jepang Kompak Perkuat Standar Keselamatan dan Keamanan Siber

Hal tersebut disampaikan Nishimura pada pertemuan bilateral Indonesia-Jepang di sela-sela Trade and Investment Ministers Meeting (TIMM) G20 di Jaipur, India, Jumat (25/8).

“Kami mengundang Mendag Indonesia ke G7 Ministers Meeting di Osaka pada Oktober mendatang untuk bertukar pikiran terkait isu perdagangan berkelanjutan,” kata Nishimura.

Mendag Zulhas menyambut hangat undangan tersebut dan menyatakan kesediaannya.

Pada pertemuan tersebut dibahas juga sejumlah isu penting termasuk perundingan IJEPA atau Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement. 

Baca juga: Jepang Ikut di Kerja Sama ASEAN Atasi Kejahatan Lintas Negara

Pemerintah Jepang berharap perjanjian tersebut dapat diselesaikan sebelum dilangsungkannya KTT ASEAN-Japan Commemorative Summit, di Tokyo, Jepang, 16-18 Desember 2023.

Mendag Zulhas dan Mendag Nishimura juga menyinggung eratnya hubungan Indonesia-Jepang dan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dagang antarnegara.

“Tadi kami berdiskusi mengenai 50 tahun hubungan Jepang dan ASEAN. Sangat baik. Jepang mendorong agar Indonesia mendukung aksesi Timor Leste ke WTO. Saya akan sampaikan dan laporkan kepada Presiden (Jokowi) mengenai hal ini,” ujar Mendag yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat