visitaaponce.com

Raja Thailand Pangkas Hukuman Penjara Thaksin Delapan Jadi Setahun

Raja Thailand Pangkas Hukuman Penjara Thaksin Delapan Jadi Setahun
Raja Maha Vajiralongkorn memotong hukuman penjara mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra menjadi satu tahun.(AFP)

MANTAN Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra mendapat pengurangan hukuman penjara oleh Raja Maha Vajiralongkorn. Hukuman Thaksin pun dapat diskon besar, dari delapan tahun menjadi satu tahun.

Keputusan itu muncul pada Jumat (1/9), hanya beberapa hari setelah ia kembali dari 15 tahun pengasingan. Diskon ini juga merupakan balasan sehari setelah miliarder mantan PM berusia 74 tahun itu mengajukan permohonan pengampunan atas kasusnya, korupsi.

Politikus itu juga didakwa penyalahgunaan jabatan di tengah spekulasi luas mengenai kesepakatan rahasia yang memungkinkan dia mendapatkan grasi. Thaksin, yang dua kali terpilih sebagai PM dan digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, dijebloskan ke penjara pekan lalu segera setelah kembali ke kerajaan untuk pertama kalinya sejak 2008.

Baca juga: Eks PM Thailand Thaksin Dirawat karena Ini

Pengampunan sebagian dari Raja Maha Vajiralongkorn dikonfirmasi oleh Royal Gazette, dengan pengumuman tersebut menunjuk pada pengabdiannya kepada negara sebagai PM.

"Dia setia pada institusi monarki. Ketika diadili, dia menghormati sistem peradilan," kata pernyataan kerajaan Thailand.

Baca juga: Srettha Thavisin Jadi PM Baru Thailand

Pernyataan dari pihak kerajaan juga menyebutkan bahwa Thaksin menderita banyak masalah kesehatan. "Yang Mulia Raja telah memberinya amnesti dan mengurangi hukuman terhadap Thaksin Shinawatra, sang tahanan, menjadi satu tahun penjara. Sehingga dia dapat menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk membangun negara lebih jauh,” imbuh pernyataan tersebut.

Kepulangannya pekan lalu bertepatan dengan kembalinya partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai-partai pro-militer. Itu membuat banyak orang menyimpulkan bahwa sebuah kesepakatan telah dicapai untuk mengurangi masa hukumannya.

Mantan taipan telekomunikasi dan pemilik Manchester City Thaksin adalah salah satu tokoh paling berpengaruh namun memecah belah dalam sejarah modern Thailand.

Dicintai oleh jutaan warga pedesaan Thailand karena kebijakan populisnya pada awal tahun 2000an, ia telah lama dicerca oleh kelompok royalis dan pro-militer di negara tersebut. Sebagian besar politik Thailand selama dua dekade terakhir diwarnai oleh upaya pemerintah untuk menjauhkan Thaksin dan sekutunya dari kekuasaan.

Para pendukungnya memberinya sambutan bak pahlawan saat mendarat di Bangkok dan tindakan publik pertamanya adalah bersujud di depan potret raja di bandara.

Beberapa jam kemudian, Srettha Thavisin dari Pheu Thai dikukuhkan sebagai PM. Dia merupakan PM pertama partai tersebut sejak saudara perempuan Thaksin, Yingluck, digulingkan dalam kudeta pada 2014.

Pada malam pertamanya di Thailand, Thaksin dipindahkan dari penjara ke rumah sakit polisi, dan petugas medis penjara mengatakan dia memerlukan pengawasan ketat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah jantung.

Partai-partai yang terkait dengan Thaksin mendominasi setiap pemilu di Thailand sejak tahun 2001 hingga tahun ini, ketika Move Forward Party (MFP) yang progresif memenangkan kursi terbanyak.

Namun pemerintahan koalisi yang baru telah menutup akses terhadap MFP dan memasukkan partai-partai yang terkait dengan jenderal-jenderal pembuat kudeta yang menggulingkan Thaksin dan Yingluck, sehingga memicu kemarahan banyak warga Thailand. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat