visitaaponce.com

Pita Limjaroenrat Mundur dari Posisi Pemimpin Partai MFP Thailand

Pita Limjaroenrat Mundur dari Posisi Pemimpin Partai MFP Thailand
Pita Limjaroenrat(AFP)

PEMIMPIN Partai Move Forward (MFP), Pita Limjaroenrat menyatakan mengundurkan diri sebagai pemimpin partai tersebut pada Jumat (15/9). Pita yang partainya yang beraliran reformis memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan umum nasional Thailand di bulan Mei 2023.

Dia memimpin MFP ke posisi teratas dalam pemilu, dengan memanfaatkan gelombang pemilih yang marah pada pemerintahan yang didukung junta selama hampir satu dekade.

Namun, ia dihentikan menjadi perdana menteri oleh blok konservatif yang berkuasa di parlemen dan kemudian ditangguhkan sebagai anggota parlemen.

Baca juga : Ancam Kehormatan Kerajaan Thailand, Pita Limjaroenrat Gagal Jadi PM

MFP meninggalkan kemitraan koalisi dengan saingan oposisi Pheu Thai, kemudian membentuk pemerintahan koalisi dengan partai-partai pro-militer. Mereka mengatakan bahwa akan menjadi oposisi.

"Saya mengundurkan diri sebagai pemimpin partai MFP untuk membuka jalan bagi seorang anggota parlemen yang dapat bersuara di parlemen, menjadi pemimpin oposisi," tulis Pita di halaman Facebook resminya.

Di bawah peraturan yang berlaku saat ini, pemimpin oposisi haruslah seorang anggota parlemen.

Baca juga : Pita Limjaroenrat Siap Bentuk Pemerintahan Thailand setelah Menang Pemilu

"Karena penangguhan anggota parlemen saya, saya tidak akan bisa mendapatkan posisi anggota parlemen dan menjadi pemimpin oposisi dalam waktu dekat," tulis Pita.

Pada bulan Juli, ia diskors sebagai anggota parlemen sambil menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi atas kepemilikan sahamnya di sebuah perusahaan media yang sekarang sudah tidak beroperasi.

Anggota parlemen dilarang memiliki saham media, di bawah konstitusi Thailand. Dalam unggahannya di Facebook, Pita mengatakan bahwa ia akan tetap terlibat dalam partai.

"Apa pun peran saya, saya akan tetap terlibat dalam MFP dan akan bekerja sama dengan orang-orang dalam kapasitas terbaik saya, sehingga kita dapat mencapai sesuatu bersama," pungkasnya. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat