visitaaponce.com

Mantan Presiden Guatemala Mengakui Korupsi, Diberi Hukuman 8 Tahun Penjara Tambahan

Mantan Presiden Guatemala Mengakui Korupsi, Diberi Hukuman 8 Tahun Penjara Tambahan
Mantan Presiden Otto Perez Molina mengaku melakukan korupsi dan divonis delapan tahun penjara.(AFP)

PENGADILAN Guatemala menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara kepada mantan presiden Otto Perez Molina. Vonis itu menambah hukuman yang telah menjebloskannya ke dalam penjara sebelumnya.

Perez, 72, menjabat sebagai presiden periode 2012-2015, mengaku bersalah atas tuduhan penipuan, pencucian uang, dan korupsi. Seorang hakim kemudian mengurangi hukuman awalnya yang selama 16 tahun menjadi delapan tahun.

Pengadilan juga memerintahkan Perez untuk membayar denda lebih dari US$3 juta.

Baca juga: Kuda Hitam Menangi Pilpres Guatemala

Menurut dakwaan, Perez dan wakil presidennya, Roxana Baldetti, terlibat dalam sebuah struktur ilegal yang menerima jutaan dolar suap sebagai imbalan pemberian lebih dari 70 kontrak kepada berbagai perusahaan.

Baldetti telah dihukum dalam dua kasus korupsi lainnya, termasuk jasa bea cukai. Dalam kasus tersebut, Perez Molina dijatuhi hukuman pada Desember lalu sebanyak 16 tahun penjara, yang kini dipotong menjadi delapan tahun.

Baca juga: Protes Terus Berlanjut di Guatemala Menjelang Putaran Kedua Pemilihan Presiden

Mantan jenderal militer ini mengundurkan diri dari jabatan Presiden Guatemala pada 3 September 2015, di tengah protes massal menentang korupsi dalam pemerintahannya. Dia langsung ditahan pada hari yang sama.

Kasus korupsi ini terungkap Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa Melawan Impunitas di Guatemala, yang kemudian pemerintah membubarkannya pada tahun 2019 setelah beroperasi selama 12 tahun. Tindakan ini menuai kritik dari Amerika Serikat dan Uni Eropa yang menganggap bahwa negara Amerika Tengah ini mundur dalam komitmennya terhadap tata pemerintahan yang baik. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat