visitaaponce.com

India Ajak ASEAN Bangkit Pascapandemi Covid-19

India Ajak ASEAN Bangkit Pascapandemi Covid-19
Perdana Menteri India Narendra Modi(AFP)

INDIA mengajak negara-negara ASEAN untuk bangkit pascapandemi covid-19, serta melakukan berbagai upaya kolektif demi kesejahteraan masyarakat.

"Abad ke-21 adalah abad Asia, ini adalah abad kita. Untuk itu, penting bagi kita untuk membangun tatanan dunia pascapandemi covid-19, dan melakukan upaya kolektif demi kesejahteraan masyarakat," kata Perdana Menteri India Narendra Modi dalam KTT ASEAN-India ke-20 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9).

Modi mengatakan saat ini yang perlu di perhatikan adalah kemajuan dalam memastikan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka serta memperkuat suara negara-negara di kawasan selatan merupakan kepentingan bersama.

Baca juga: Presiden: ASEAN-India Harus Perkuat Kerja Sama di Sektor Maritim

"Saya yakin bahwa selama diskusi kita hari ini, resolusi-resolusi baru akan dibuat untuk lebih memperkuat masa depan kawasan ASEAN India. India berkomitmen untuk bekerja bahu-membahu dengan Singapura, ketua ASEAN yang baru yakni Laos dan dengan negara lainnya," ujar Modi.

Selain itu India berkomitmen sepenuhnya mendukung sentralitas ASEAN dan pandangannya terhadap Kawasan Indo Pasifik karena India dengan ASEAN memiliki hubungan historis dan geografis penuh nilai budaya. Saat ini ASEAN merupakan pilar utama dari Kebijakan India.

Baca juga: Jokowi Senang Kegiatan Ekonomi dengan Papua Nugini sudah Meningkat

"ASEAN juga memiliki tempat yang penting dalam inisiatif Indo Pasifik India. Bahkan dalam lingkungan ketidakpastian global saat ini, kita membuat kemajuan yang berkelanjutan dalam kerja sama timbal balik di setiap sektor. Hal ini menjadi bukti kekuatan dan ketahanan hubungan ASEAN dan India," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat