visitaaponce.com

Lula Jamin Keamanan Putin, Tidak akan Ditangkap Jika Hadiri Pertemuan G20 di Brasil

Lula Jamin Keamanan Putin, Tidak akan Ditangkap Jika Hadiri Pertemuan G20 di Brasil
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan tidak akan menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin saat G20 di Rio de Janeiro.(AFP)

PRESIDEN Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan tidak akan menangkap pemimpin Rusia Vladimir Putin ketika menghadiri pertemuan G20 di Rio de Janeiro tahun depan.

Ia menambahkan sendirinya berencana menghadiri pertemuan blok negara-negara berkembang BRICS yang akan diadakan di Rusia sebelum pertemuan di Rio.

"Saya percaya bahwa Putin dapat dengan mudah pergi ke Brasil," kata Lula berbicara pada acara berita Firstpost di sela-sela pertemuan G20 di Delhi pada hari Sabtu,

Baca juga: KTT G20 di India Tanpa Kehadiran Xi dan Putin

Dia mengatakan bahwa Putin akan diundang ke acara tahun depan. "Apa yang dapat saya katakan kepada Anda adalah bahwa jika saya adalah presiden Brasil, dan dia datang ke Brasil, tidak mungkin dia akan ditangkap,” sebutnya.

Pernyataan itu muncul setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin pada bulan Maret, mereka menuduhnya melakukan kejahatan perang dengan mendeportasi ratusan anak dari Ukraina secara ilegal.

Baca juga: Rusia Tembak Jatuh 3 Pesawat Nirawak Ukraina

Rusia membantah pasukannya terlibat dalam kejahatan perang atau mengambil paksa anak-anak Ukraina.

Putin telah berulang kali melewatkan pertemuan internasional dan tidak hadir dalam pertemuan G20 di Delhi. Dia mengirimkan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

Brasil adalah penandatangan Statuta Roma yang menyebabkan berdirinya ICC. Kantor Kepresidenan Brasil tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pada hari Sabtu, negara-negara G20 mengadopsi sebuah deklarasi konsensus dan mengutuk Rusia atas perang di Ukraina namun meminta semua negara untuk tidak menggunakan kekuatan untuk merebut wilayah negara lain. (aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat