visitaaponce.com

Tell al-Sultan Dinyatakan Warisan Budaya Dunia

Tell al-Sultan Dinyatakan Warisan Budaya Dunia
Situs prasejarah Tell al-Sultan yang berada dekat Kota Jericho, Palestina yang baru saja ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.(AFP/HAZEM BADER)

UNESCO menetapkan situs prasejarah Tell al-Sultan, yang berada dekat Kota Jericho, Palestina di kawasan Tepi Barat, sebagai Warisan Budaya Dunia, Minggu (17/9), menuai kritik dari Israel.

Tell al-Sultan, yang lebih tua dari piramida di Mesir, adalah gundukan berbentuk oval di Lembah Yordania, yang berisi sisa aktivitas manusia di era prasejarah.

Keputusan organisasi budaya PBB itu, yang diunggah lewat Twitter, diputuskan dalam sidang Warisan Budaya Dunia ke-45 yang digelar di Riyadh.

Baca juga: Tokoh-Tokoh Palestina Kecam Abbas atas Peristiwa Holocaust

"Lokasi yang diusulkan adalah situs arkeologi prasejarah Tell al-Sultan, yang berada di luar situs antik Jericho," ujar Asisten Direktur UNESCO Ernesto Ottone.

Tell al-Sultan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia setelah menjadi kandidat selama tiga tahun dan tidak ada pihak yang keberatan dalam pencalonan itu.

"Tidak ada sisa warisan Yahudi atau Kristen di Tell al-Sultan. Di lokasi itu hanya ditemukan barang-barang prasejarah," ungkap seorang diplomat yang menolak disebutkan namanya.

Baca juga: Tiga Dekade Upaya Perdamaian Utama Palestina-Israel

Israel langsung mengecam keputusan UNESCO itu.

"Kementerian Luar Negeri Istrael memandang keputusan hari ini sebagai bentuk cara sinis yang digunakan Palestina untuk menjadikan UNESCO dan lembaga lain sebagai alat politik," ujar Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

"Israel akan bertindak bersama rekan-rekannya di organisasi itu untuk membatalkan keputusan itu," lanjut 'Negeri Zionis' itu.

Israel keluar dari UNESCO pada 2019 setelah menuding lembaga itu bersifat bias anti-Israel namun mengirimkan delegasi ke pertemuan di Arab Saudi.

Otoritas Palestina, yang diakui PBB sebagai negara pengamat nonanggota, menyambut keputusan UNESCO menjadikan Tell al-Sultan sebagai Warisan Budaya Dunia.

Presiden Palestina Mahmud Abbas memandang keputusan UNESCO itu sebagai hal yang sangat penting danb bukti keaslian sejarah warga Palestina.

Abbas pun berjanji akan menjaga keaslian situs Warisan Budaya Dunia itu. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat