visitaaponce.com

MBS Normalisasi Hubungan Arab Saudi- Israel Semakin Dekat

MBS: Normalisasi Hubungan Arab Saudi- Israel Semakin Dekat
Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.(AFP/SPA)

PUTRA Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan bahwa negaranya semakin mendekati normalisasi hubungan dengan Israel. Itu mengikuti langkah serupa dari negara-negara Teluk lainnya dan di tengah dorongan besar Amerika Serikat (AS) untuk mencapai kesepakatan Saudi-Israel.

“Setiap hari, kami semakin dekat,” kata MBS.

Pernyataan itu muncul saat pemerintahan Presiden AS Joe Biden terus berupaya untuk menengahi hubungan bersejarah antara dua kekuatan regional, sekutu utama Washington di Timur Tengah.

Baca juga : Delegasi Israel Lakukan Kunjungan Terbuka Pertama ke Saudi

Pembicaraan normalisasi adalah inti dari negosiasi kompleks yang juga mencakup kemungkinan konsesi Israel kepada Palestina. Serta diskusi mengenai jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir sipil yang diupayakan oleh Riyadh.

MBS mengatakan bahwa masalah Palestina sangat penting bagi Riyadh. “Kita perlu menyelesaikan bagian itu,” katanya ketika ditanya apa yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan normalisasi.

Baca juga : Sepak Terjang Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman

“Kami harus melihat ke mana kami pergi. Kami berharap hal ini dapat meringankan kehidupan rakyat Palestina, menjadikan Israel sebagai pemain di Timur Tengah,” ujarnya.

Para pejabat AS secara pribadi memuji potensi manfaat dari kesepakatan besar regional, yang akan menjadi kemenangan kebijakan luar negeri ketika Biden berusaha untuk terpilih kembali pada November 2024.

MBS juga mengatakan bahwa jika Iran memperoleh senjata nuklir, Arab Saudi harus mendapatkannya. Arab Saudi, bersama dengan Israel, telah lama menjadi musuh Iran, namun hubungan mereka membaik sejak Riyadh dan Teheran sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik pada Maret.

Teheran membantah berupaya membuat senjata nuklir. Namun telah menjadi pusat kecurigaan internasional mengenai program nuklirnya selama bertahun-tahun.

Pernyataan putra mahkota tersebut disiarkan setelah pertemuan antara Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Rabu, di mana mereka berjanji untuk bekerja sama menuju normalisasi Israel-Saudi, yang dapat membentuk kembali geopolitik Timur Tengah.

Kedua pemimpin juga mengatakan Iran tidak boleh diizinkan memperoleh senjata nuklir. Arab Saudi telah terlibat dalam kontroversi, terutama menyusul dugaan peran putra mahkota dalam pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi pada 2018. (Aljazeera/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat