visitaaponce.com

RI Kirim Bantuan Kemanusiaan Rp22 Miliar untuk Korban Gempa Afghanistan

RI Kirim Bantuan Kemanusiaan Rp22 Miliar untuk Korban Gempa Afghanistan
Kepala BNPB Suharyanto (kedua dari kanan) mengatakan, bantuan akan diserahkan kepada organisasi UNOCA Afghan.(Antara)

PEMERINTAH Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan senilai Rp22,1 miliar kepada Pemerintah Afghanistan untuk percepatan penanganan dan pemulihan pasca bencana gempa bumi dahsyat M6,2 pada Oktober 2023 lalu.

Bantuan kemanusiaan tersebut merupakan bantuan logistik yang terdiri dari 17 jenis barang dan akan diserahkan kepada organisasi UNOCA Afghanistan. 

Selain itu perolehan bantuan kemanusiaan juga akan melibatkan berbagai instansi dalam negeri termasuk TNI/POLRI dan beberapa kementerian, organisasi filantropi dan organisasi sosial kemasyarakatan.

Baca juga : Dalam Sepekan Afghanistan Diguncang Tiga Gempa Besar

Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan 17 jenis bantuan tersebut diantaranya tenda pengungsi, tenda keluarga yang besar, genset, pel bet, kasur lipat, peralatan kebersihan, selimut, jaket musim dingin, long john, perkakas tukang, pakaian dalam, antong tidur, penyaringan air bersih, lampu solar, perlengkapan bertahan hidup, baju gamis dan kebersihan wanita

“Tentu saja (kebutuhan) barang-barang ini akan berkembang terus, kami selalu berkoordinasi dengan KBRI Afghanistan dan kementerian luar negeri sehingga apabila ada barang tambahan bisa disiapkan,” ungkapnya.

Suharyanto mengungkapkan bahwa bantuan barang-barang tersebut sudah disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan bagi masyarakat Afghanistan.

Baca juga : Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan Senilai 17,6 Miliar untuk Vanuatu

“Kami tidak mengirimkan bahan makanan karena disana akan memasuki musim dingin, maka barang-barang yang akan dikirimkan yaitu jenis barang-barang yang sangat diperlukan untuk mengantisipasi cuaca dingin,” ungkapnya.

Sementara itu Menteri PMK, Muhadjir menjelaskan bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan bernilai strategis bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmen kemanusiaan dan citra baik di mata internasional.

“Sebagai soft restfull must Indonesia ke negara-negara Asia Tengah khususnya negara Afganistan. Pengiriman bantuan kemanusiaan akan dilakukan melalui BNPB dengan memperhatikan kebutuhan kebutuhan yang ada di lapangan dan ini sudah kita koordinasikan antara kementerian luar negeri, BNPB, kementerian kesehatan mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk mereka yang terdampak korban bencana,” jelasnya.

Disebutkan bahwa gempa bumi telah menewaskan 1.480 orang dan melukai 1.950 lainnya yang mana 90 persen korban tewas adalah perempuan dan anak-anak. Selain itu, terdapat 43 ribu orang yang terdampak langsung akibat gempa dan sekitar 114 ribu orang diantaranya membutuhkan bantuan kedaruratan. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat