visitaaponce.com

Iran Tuntut Israel Bertanggung Jawab Atas Penggunaan Senjata Ilegal

Iran Tuntut Israel Bertanggung Jawab Atas Penggunaan Senjata Ilegal
Presiden Iran Ebrahim Raisi(AFP/Ahmed NURELDINE / SAUDI PRESS AGENCY)

PRESIDEN Iran Ebrahim Raisi menyerukan pembentukan tim penyelidik internasional khusus terhadap penggunaan senjata terlarang oleh Israel di Jalur Gaza. Raisi menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan puncak virtual kelompok negara berkembang BRICS yang diadakan di kantor pusat organisasi tersebut di Afrika Selatan, menurut laporan kantor resmi Iran, IRNA.

Dia mengatakan kekejaman Israel di Jalur Gaza merupakan indikasi kemerosotan moral di negara-negara Barat. 

“Saat ini, seluruh dunia sedang berjuang ketika kita menyaksikan langsung kekerasan dan kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Palestina di Jalur Gaza. Apa yang terjadi di Jalur Gaza saat ini jelas menunjukkan ketidakadilan sistem internasional Barat. Masalah Jalur Gaza adalah masalah kemanusiaan dan keadilan,” ujarnya.

Baca juga: Netanyahu Sambut Baik Kesepakatan dengan Hamas

Raisi berpendapat Israel dan pendukungnya tidak hanya melanggar kemanusiaan, moralitas, dan hukum, tetapi juga berupaya menyesatkan opini publik dunia dengan memberikan disinformasi.

Sementara pemerintah Hamas di Jalur Gaza, Selasa (21/11), mengatakan jumlah korban tewas di wilayah Palestina telah mencapai 14.128 sejak perang antara pasukan Israel dan militan Hamas dimulai pada 7 Oktober .

Pemerintah Hamas mengatakan 5.840 anak-anak dan 3.920 wanita termasuk di antara korban tewas, dan 33.000 orang lainnya terluka. 

Baca juga: 53 Jurnalis Meregang Nyawa Sejak Invasi Israel

Kementerian kesehatan Hamas, sebelumnya, mengatakan pihaknya tidak dapat lagi memberikan jumlah pasti korban karena pertempuran sengit yang menghambat pemulihan jenazah. (Aljazeera/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat