visitaaponce.com

PM Israel Benjamin Netanyahu Diadili karena Kasus Korupsi

PM Israel Benjamin Netanyahu Diadili karena Kasus Korupsi
PM Israel Benjamin Netanyahu(AFP)

PENGADILAN kasus korupsi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilanjutkan pada hari Senin, 4 Desember 2023 di saat negara tersebut terus berperang melawan Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Persidangan tersebut ditangguhkan setelah serangan berdarah kelompok militan Palestina pada 7 Oktober di Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dan 240 lainnya diculik menurut pejabat Israel.

Netanyahu, pemimpin partai sayap kanan Israel, Likud, dituduh melakukan suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan, namun dia membantahnya.

Baca juga : Benjamin Netanyahu Diminta Mundur 

Menteri David Amsalem dari Partai Likud menyebut dimulainya kembali proses hukum selama perang sebagai “aib”.

"Perang? Tawanan? ... Tidak, tidak. Yang paling penting sekarang adalah memperbarui persidangan Netanyahu," kata Amsalem pada hari Minggu di platform media sosial X, sebelumnya Twitter.

Netanyahu dan sekutu-sekutunya berpendapat bahwa tuduhan terhadapnya bermotif politik dan telah mengusulkan perombakan peradilan yang akan mengekang beberapa kekuasaan yang dimiliki oleh pengadilan.

Baca juga : PBB Ingatkan Ledakan Kematian Anak Gaza karena Bencana Kelaparan

Uji coba tingkat tinggi ini diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan lagi. Proses banding, jika perlu, bisa memakan waktu bertahun-tahun.

 

Tiga dakwaan jaksa untuk Netanyahu

Dalam salah satu dari tiga kasus yang dibahas dalam persidangan, jaksa penuntut menuduh adanya persekongkolan antara Netanyahu dan pemegang saham pengendali raksasa telekomunikasi Israel, Bezeq, untuk menukar bantuan peraturan dengan liputan positif di situs berita milik perusahaan tersebut.

Kasus kedua berkaitan dengan hubungan Netanyahu dengan produser Hollywood Arnon Milchan dan tokoh kaya lainnya.

Baca juga : Netanyahu Ogah Majukan Pemilu Israel, Meski Didemo Tiap Hari

Menurut jaksa, antara tahun 2007 dan 2016 Netanyahu diduga menerima hadiah berharga sebesar 700.000 shekel (US$195.000 atau Rp3 miliar), termasuk sekotak cerutu, botol sampanye dan perhiasan, sebagai imbalan atas bantuan finansial atau pribadi.

Netanyahu, yang merupakan perdana menteri Israel pertama yang diadili, membantah melakukan kesalahan apa pun, dan mengatakan bahwa hadiah hanya diterima dari teman dan tanpa dia memintanya.

Pada Oktober 2019, pengacaranya mengatakan bahwa mereka telah menerima pendapat ahli hukum yang menyimpulkan bahwa dia berhak menerima hadiah dari teman dekatnya.

Netanyahu, perdana menteri terlama Israel, diduga mempromosikan proyek pajak sebagai imbalan yang akan menghasilkan jutaan dolar bagi Milchan. Kementerian Keuangan telah mempertimbangkan usulan ini. (AFP/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat