visitaaponce.com

Trump Kembali ke Pengadilan New York untuk Sidang Penipuan

Trump Kembali ke Pengadilan New York untuk Sidang Penipuan
Donald Trump menyatakan tidak puas dengan sidang perdata di New York terkait dugaan penipuan.(AFP)

MANTAN presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali ke pengadilan, Kamis, untuk menghadapi sidang perdata di New York terkait dugaan penipuan, sambil sekali lagi menyatakan ketidakpuasannya terhadap proses tersebut.

Trump, yang saat ini menjadi calon utama untuk nominasi presiden dari Partai Republik pada tahun 2024, bersama dua putra sulungnya, dituduh membesar-besarkan nilai aset real estat mereka untuk mendapatkan pinjaman bank dan syarat asuransi yang lebih menguntungkan.

Trump meluapkan kekesalannya di media sosial sebelum persidangan, menyatakan bahwa "kasusnya sudah diputuskan melawan saya sebelum persidangan dimulai."

Baca juga: Mantan Kepala Polisi AS, Alan Hostetter, Dipenjara Lebih dari 11 Tahun Terkait Kerusuhan Capitol 6 Januari

Selama persidangan, Trump telah menyebut hakim dalam kasus ini, Arthur Engoron, sebagai "gila" dan "tidak waras," serta mengkritik Jaksa Agung negara bagian New York, Letitia James, yang berkulit hitam, sebagai "korup" dan "rasialis."

Trump, yang memberikan kesaksian pada 6 November dan diperkirakan akan memberikan kesaksian lagi pada 11 Desember, hadir di pengadilan sebagai penonton pada hari Kamis.

Baca juga: Trump Ingin Sidangnya Disiarkan Langsung, Jaksa Menolak

Ia mengenakan setelan berwarna biru tua dengan dasi merah dan mengutuk proses tersebut saat memasuki pengadilan. "Ini adalah penyelidikan yang tidak adil dan persidangan yang sangat korup," katanya kepada wartawan.

Di dalam pengadilan, Trump melihat-lihat kertas sambil tim hukumnya memeriksa seorang saksi di kursi saksi, profesor akuntansi Eli Bartov, yang memberikan bukti untuk mendukung argumen Trump bahwa ia tidak membesar-besarkan nilainya.

Bartov mengatakan gugatan James tidak memiliki dasar karena "akuntansi didasarkan pada aturan... beberapa dari tuduhan tersebut mendekati yang absurd."

"Tiga atau empat persen perusahaan melaporkan mereka memiliki kesalahan dalam pelaporan keuangan mereka. Kesalahan keuangan itu normal. Ini tidak bisa dihindari," ujar Bartov.

"Jika Anda melakukan penyataan palsu, Anda akan melakukan segala yang Anda bisa untuk menyembunyikan penyataan palsu ini... tidak ada penyembunyian."

Bartov berpendapat bahwa aturan neraca keuangan menyebabkan nilai sebenarnya Trump terlalu rendah karena aset tak berwujud tidak dimasukkan.

Malu

"Tidak ada keraguan bahwa nilai merek Mr. Trump bernilai miliaran... tetapi tidak ada di laporan kondisi keuangan."

Bartov merespon tim hukum jaksa agung ketika mereka mengklaim bahwa beberapa kesaksiannya hanyalah spekulasi. "Kamu seharusnya benar-benar malu pada dirimu sendiri," katanya.

Trump didampingi putranya Eric di pengadilan, yang juga merupakan terdakwa dalam persidangan ini. Mantan presiden itu mengatakan di media sosial Eric tidak akan memberikan kesaksian lagi karena dia sudah memberikan kesaksian "DENGAN SEMPURNA."

Mantan presiden tersebut akan diadili pada 4 Maret di Washington dalam kasus federal di mana dia dituduh berupaya mengguncangkan hasil pemilihan 2020 dalam upaya bersama yang menyebabkan serangan brutal pada 6 Januari 2021 di Capitol AS oleh pendukungnya.

Trump juga menghadapi tuduhan federal karena diduga menangani dokumen rahasia setelah meninggalkan Gedung Putih, dan telah didakwa atas tindak pidana racketeering di Georgia atas tuduhan bahwa dia mencoba untuk menggulingkan hasil pemilihan 2020 di negara bagian selatan tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat