visitaaponce.com

Suriah Batalkan Perayaan Natal sebagai Solidaritas terhadap Gaza

Suriah Batalkan Perayaan Natal sebagai Solidaritas terhadap Gaza
Warga Suriah berjalan melewati dekorasi Natal di pasar, ibu kota Damaskus, pada 23 Desember 2023.(AFP/Louai Beshara.)

KEGEMBIRAAN Natal telah meninggalkan jalan-jalan di kota-kota Suriah. Gereja-gereja utama hanya merayakan doa solidaritas terhadap warga Palestina yang menderita akibat perang di Gaza.

"Di Palestina, tempat kelahiran Yesus Kristus, masyarakat menderita," kata Uskup Agung Katolik Suriah di Aleppo, Mor Dionysius Antoine Shahda, kepada AFP.

Distrik Azizia di pusat kota Suriah utara biasanya merupakan lokasi pasar meriah yang ramai dan pohon Natal besar. Jalan-jalannya pun dihiasi dengan lampu dan pernak-pernik.

Namun tahun ini, alun-alun utama hampir kosong dan tidak ada dekorasi Natal yang terlihat. "Di Suriah kami membatalkan semua perayaan resmi dan resepsi di gereja-gereja kami sebagai bentuk solidaritas terhadap para korban pengeboman di Gaza," yang dilakukan pasukan Israel, kata Shahda.

Baca juga: Hamas: Lima Sandera Kemungkinan Tewas akibat Serangan Israel

Gereja Katolik Suriah tidak sendirian. Para pemimpin dari tiga gereja besar di Suriah--Ortodoks Yunani, Ortodoks Suriah, dan Patriark Katolik Yunani Melkite--mengumumkan bahwa mereka membatalkan perayaan Natal dan membatasi perayaan hanya pada upacara keagamaan.

"Mengingat keadaan saat ini, khususnya di Gaza, para leluhur meminta maaf karena tidak menerima ucapan selamat Natal dan Tahun Baru," kata ketiganya dalam pernyataan bersama. Mereka menambahkan bahwa mereka membatasi upacara hanya pada doa.

Kementerian Kesehatan di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas mengatakan lebih dari 20.000 orang telah terbunuh di Jalur Gaza sejak Israel melancarkan serangan besar-besaran melalui udara dan darat, sebagai tanggapan atas serangan mematikan di Israel selatan pada 7 Oktober. Sebagian besar korban tewas di Gaza adalah perempuan dan anak-anak, kata para pejabat.

Baca juga: Jelang Natal, Bethlehem Kosong Tanpa Dekorasi

Serangan Hamas menewaskan sekitar 1.140 orang di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi.

Banyak warga Gaza yang terpaksa mengungsi akibat kekerasan tersebut dan terpaksa tinggal di tempat penampungan atau tenda yang padat, seringkali berjuang mendapatkan makanan, bahan bakar, air, dan perawatan medis. Badan PBB untuk Pengungsi Palestina mengatakan kampanye militer Israel yang sedang berlangsung tidak memberikan tempat yang aman di mana pun di wilayah sempit tersebut.

Tidak ada waktu bersenang-senang

Sebelum perang saudara meletus pada 2011, Suriah ialah rumah bagi lebih dari 1,2 juta umat Kristen, meskipun sejumlah besar orang telah mengungsi sejak saat itu. Konflik tersebut telah menghambat perayaan Natal. 

Baca juga: WHO: Tidak Ada Rumah Sakit Berfungsi di Gaza Utara

Namun, perayaan Natal meningkat dalam beberapa tahun terakhir ketika garis depan konflik terhenti dan pasukan pemerintah mengambil kembali kendali atas sebagian besar negara tersebut. Akan tetapi, kesuraman kini kembali menyelimuti jalan-jalan ibu kota Damaskus.

Perayaan dibatasi hanya di satu pasar. Sedangkan Katedral Mariamite Ortodoks Yunani di Damaskus telah memasang dekorasi sederhana dan pohon kecil di halamannya.

Warga Damaskus Rachel Haddad, 66, mengatakan dia terpaku pada ponselnya selama lebih dari dua bulan, membaca berita kehancuran di Gaza, dan tidak tega memasang pohon Natal. "Tahun ini sangat menyedihkan, dimulai dengan gempa bumi dan berakhir dengan perang Gaza," kata Haddad. Ia merujuk pada gempa 6 Februari yang melanda Turki bagian selatan dan Suriah yang menewaskan sedikitnya 55.000 orang.

"Tidak ada kesempatan untuk bersenang-senang," katanya. Ia juga menyalahkan kesengsaraan ekonomi Suriah.

Perekonomian negara ini telah terpukul oleh perang dengan kekurangan bahan bakar yang berulang dan pemadaman listrik yang berkepanjangan setiap hari. "Jika tidak ada listrik, bagaimana Anda melihat dekorasi dan lampunya?" Haddad bertanya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat