visitaaponce.com

Prancis Gaza dan Tepi Barat Adalah Palestina

Prancis: Gaza dan Tepi Barat Adalah Palestina
Menlu Prancis Catherine Colonna(AFP)

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Prancis Catherine Colonna mengatakan Israel tidak memiliki kewenangan untuk menentukan masa depan Gaza, yang merupakan bagian integral dari Palestina.

Colonna menyampaikan komentarnya kepada CNN dan menolak saran dari para menteri Israel bahwa pemukiman kembali warga Palestina di luar Gaza adalah suatu kemungkinan.

"Seruan tersebut tidak bertanggung jawab dan menyebabkan kita menjauh dari solusi,” kata Colonna.

Baca juga: Macron Kecam Rencana Israel Usir Warga Palestina ke Kongo

Ia mencatat bahwa usulan tersebut juga bertentangan dengan kepentingan jangka panjang Israel. “Kita perlu kembali ke prinsip hukum internasional dan menghormatinya,” kata Colonna.

Dia mencatat dukungan Prancis terhadap solusi dua negara yang merupakan satu-satunya pilihan yang layak. Kemudian Colonna juga menggarisbawahi bahwa Gaza dan Tepi Barat harus bersama-sama menjadi bagian dari negara Palestina di masa depan.

Baca juga: PBB: Gaza Menjadi Tidak Bisa Dihuni

Dia mengatakan warga sipil tidak bertanggung jawab atas kejahatan tersebut dan harus dilindungi, seraya menegaskan kembali kewajiban untuk mengikuti hukum internasional dan melindungi penduduk sipil.

Colonna mengatakan Prancis berkomitmen untuk menghindari eskalasi situasi lebih lanjut oleh semua pihak, termasuk di wilayah tetangga seperti Lebanon dan Laut Merah.

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober.

Setidaknya 22.600 warga Palestina telah terbunuh dan 57.910 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan Gaza. Hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

Serangan gencar ini telah menyebabkan kehancuran di Gaza, dengan 60% infrastruktur di daerah kantong tersebut rusak atau hancur dan hampir dua juta penduduk mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. (Anadolu/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat