visitaaponce.com

Mantan PM Thailand Thaksin Penuhi Syarat Bebas Bersyarat Bulan Depan

Mantan PM Thailand Thaksin Penuhi Syarat Bebas Bersyarat Bulan Depan
Mantan PM Thailand Thasin Shinawatra saat kembali ke negaranya dari pengasingan(AFP/Manan Vatsyayana)

MANTAN Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, 74, memenuhi syarat untuk dibebaskan secara bersyarat bulan depan akibat pertimbangan usia dan kesehatannya.

Seorang pejabat Departemen Pemasyarakatan mengatakan pada Rabu (17/1), Thaksin dirawat di rumah sakit akibat tekanan darah tinggi dan sesak di dada dalam beberapa jam setelah kembali ke Thailand pada Agustus lalu. 

Dia kembali dari pengasingan selama 15 tahun untuk menjalani hukuman delapan tahun penjara karena penyalahgunaan kekuasaan. Hukumannya diringankan menjadi satu tahun setelah mendapat pengampunan dari kerajaan.

Baca juga : 4 Pejabat Thailand Dipecat Karena Kepemilikan Rekening Gendut

Departemen Pemasyarakatan pekan lalu memperpanjang masa tahanannya di rumah sakit polisi, dengan alasan untuk memantau kesehatannya.

"Berdasarkan kriteria, Thaksin memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan bersyarat khusus," kata Wakil Direktur Jenderal Departemen Pemasyarakatan Sitthi Sutivong kepada para wartawan saat menjawab pertanyaan apakah Thaksin dapat dibebaskan pada Februari.

Baca juga : Dorong 15 Nasabah Punya Mindset Global, PNM Fasilitasi Studi Banding ke Thailand

Sitthi mengatakan, departemennya belum menerima permintaan resmi dari Penjara Bangkok untuk pembebasan bersyarat Thaksin.

Thaksin digulingkan dari kekuasaan dalam kudeta militer pada 2006 yang menjadi pusat dari kekacauan selama 17 tahun di Thailand, mempengaruhi politik dari pengasingan.

Thaksin, mantan taipan telekomunikasi dan pemilik klub sepak bola Liga Primer Inggris, Manchester City, dituduh oleh militer melakukan korupsi, kronisme dan penyalahgunaan kekuasaan.

Dia dijatuhi hukuman penjara secara in absentia pada 2008. Adiknya, Yingluck Shinawatra, digulingkan sebagai perdana menteri dalam kudeta militer lainnya pada 2014.

Thaksin menerima sambutan bak bintang rock saat kembali ke Thailand pada Agustus, dengan kerumunan orang yang mengelu-elukan kedatangannya dengan jet pribadi dan polisi yang memberi hormat kepadanya sebelum mengawalnya ke pengadilan dan kemudian ke penjara.

Pada hari yang sama, sekutunya yang juga pengusaha real estate, Srettha Thavisin, terpilih sebagai perdana menteri oleh parlemen.

Thaksin telah berulang kali membantah masih berpolitik dan mengatakan bahwa dia sudah pensiun. (CNA/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat