visitaaponce.com

UE Kucurkan Rp855 T untuk Ukraina

UE Kucurkan Rp855 T untuk Ukraina
Chigi Palace di Italia dihiasi dengan warna bendera Ukraina, Kamis (24/8/2023).(AFP/ALBERTO PIZZOLI)

PARA pemimpin Uni Eropa (UE) dengan suara bulat memberikan bantuan sebesar €50 miliar atau Rp855 triliun kepada Ukraina. Kesepakatan itu tercapai usai bersitegang dengan Hongaria yang menolaknya.

Amerika Serikat dan UE merupakan kekuatan di belakang Kyiv melawan Rusia yang hampir tiga tahun. "Kita sepakat. Persatuan," kata Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam postingan di X.

Menurut dia 27 anggota UE menyetujui paket bantuan tersebut sebesar €50 miliar atau Rp855 triliun. Pengumuman tersebut disampaikan meskipun ada keberatan keras dari Hongaria pada Desember dan pada hari-hari menjelang pertemuan puncak pada Kamis di Brussels.

Baca juga : Politik Lokal di Jerman Menghambat Produksi Senjata untuk Ukraina

Belum jelas posisi Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dalam keputusan itu. Michel mengatakan bahwa langkah tersebut mengunci pendanaan yang stabil, berjangka panjang, dan dapat diprediksi untuk Ukraina.

Bantuan ini, kata dia, menunjukkan bahwa UE mengambil kepemimpinan dan tanggung jawab dalam mendukung Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji kesepakatan tersebut.

Ia mengatakan bahwa paket tersebut akan memperkuat stabilitas ekonomi dan keuangan jangka panjang negaranya. “Sangat penting bahwa keputusan dibuat oleh seluruh 27 pemimpin, yang sekali lagi membuktikan persatuan UE yang kuat,” kata Zelensky.

Baca juga : Jerman Gandakan Bantuan Militer Tahun 2024 Ke Ukraina

Penolakan Orban atas bantuan itu memicu kemarahan 26 rekannya di blok tersebut karena menggagalkan kesepakatan pada Desember. Dalam pertemuan kali ini, Orban bertemu dengan para pemimpin Jerman, Prancis, Italia, dan lembaga-lembaga UE.

“Dia (Orban) memberi alasan. Dia melihat orang-orang semakin jengkel, dan ada batasan yang tidak boleh dilewati," ujarnya.

Meskipun tidak ada usulan quid-pro-quo, Orban mendapat jaminan bahwa Brussel akan menangani pertanyaan tentang dana yang diblokir di Budapest senilai €20 miliar atau Rp342 triliun.

Baca juga : Macron Berharap pada Xi Jinping, Cari Solusi Agresi Rusia ke Ukraina

Uang yang dijanjikan UE untuk Kyiv akan menutup kekurangan anggaran pemerintahan. Menteri Perekonomian Ukraina mengatakan Kyiv memperkirakan akan menerima tahap pertama sebesar €4,5 miliar atau Rp77 triliun pada Maret. (France24/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat