visitaaponce.com

Hizbullah Janjikan Pembalasan terhadap Israel

Hizbullah Janjikan Pembalasan terhadap Israel
Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan Israel akan membayar dengan darah, karena membunuh warga sipil Lebanon.(AFP)

PEMIMPIN Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan Israel akan membayar dengan darah, karena membunuh warga sipil Lebanon. Pernyataannya ini menandakan konflik di perbatasan Lebanon-Israel dapat meningkat.

Serangan udara Israel pada Rabu menewaskan sedikitnya 10 warga sipil, termasuk lima anak-anak, di Lebanon selatan. Tiga pejuang Hizbullah juga tewas.

“Respon terhadap pembantaian tersebut harus melanjutkan kerja perlawanan di garis depan dan meningkatkan kerja perlawanan di garis depan. Wanita dan anak-anak kami yang terbunuh pada hari-hari ini, musuh akan membayar harga dengan menumpahkan darah mereka,” kata Nasrallah.

Baca juga : Hizbullah Siap Tempur Habis-Habisan Lawan Israel

Dia juga menyoroti pembunuhan tersebut telah meningkatkan tekad Hizbullah dan mengatakan kelompok tersebut akan meningkatkan kehadiran, kekuatan, tembakan, kemarahan dan memperluas operasinya.

Israel harus mengharapkan hal itu dan menunggu hal itu. Tak lama setelah pidato Nasrallah, Hizbullah mengatakan mereka telah menargetkan fasilitas militer Israel di Shebaa Farms, wilayah pendudukan yang dianggap Lebanon sebagai miliknya, dengan rudal, dan menambahkan bahwa ada banyak korban jiwa.

Hizbullah telah melakukan baku tembak dengan militer Israel di perbatasan selatan Lebanon untuk mendukung sekutunya di Palestina, Hamas, yang melancarkan serangan lintas batas dari Jalur Gaza ke Israel pada tanggal 7 Oktober. Hal ini diikuti  pemboman besar-besaran Israel terhadap Gaza dari wilayah tersebut.

Baca juga : Pejabat Hizbullah Terluka Serius dalam Serangan Israel di Lebanon, Empat Pejuang Tewas

Serangan lintas batas tersebut telah menewaskan sedikitnya 200 orang di Lebanon, termasuk lebih dari 170 pejuang Hizbullah, serta 10 tentara Israel dan lima warga sipil. Para pejabat Hizbullah mengatakan mereka akan berhenti menyerang pos-pos militer Israel jika serangan Israel di Gaza berakhir.

Namun ada kekhawatiran yang semakin besar akan konflik besar lainnya antara Israel dan Hizbullah yang menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan dan ketegangan regional meningkat.

Juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric menyerukan agar kekerasan dihentikan dan negara-negara seperti Prancis juga telah menyampaikan proposal tertulis ke Beirut dan Israel. Tujuannya untuk mengakhiri permusuhan dan menyelesaikan sengketa perbatasan Lebanon-Israel.

Baca juga : Militer Israel Bom Kota Nabatieh di Lebanon Selatan, Hizbullah Ngamuk

Namun hanya ada sedikit tanda bahwa upaya tersebut akan membuahkan hasil dalam waktu dekat. Konferensi Keamanan Munich, Jerman, yang dihadiri para pemimpin dunia dan analis keamanan membahas solusi untuk menyelesaikan krisis global.

Perdana menteri sementara Lebanon Najib Mikati mendesak ketenangan dan mengatakan serangan terhadap warga sipil harus diakhiri. “Baru dua hari yang lalu, sebuah keluarga yang terdiri dari tujuh orang tidak bersalah menjadi sasaran di Lebanon selatan. Pembunuhan dan penargetan terhadap anak-anak, perempuan, dan orang lanjut usia yang tidak bersalah adalah kejahatan terhadap kemanusiaan,” katanya.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan pada konferensi tersebut Hizbullah hanyalah sebuah proxy Iran. Teheran melakukan manuver sesuai keinginannya dan Israel tidak akan membiarkan ketidakstabilan di utara berlanjut tanpa henti.

Baca juga : Israel Geser Pasukan dari Gaza ke Lebanon

“Jika solusi diplomatik tidak ditemukan, Israel akan terpaksa bertindak untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan dan mengembalikan penduduk kami ke rumah mereka,” katanya, merujuk pada sekitar 70 ribu warga Israel yang mengungsi.

Dalam kasus seperti ini, Lebanon juga akan menanggung akibatnya. Ia memperingatkan dan meminta para pemimpin dunia untuk menekan Hizbullah dan Iran agar menghentikan serangan tersebut.

Pada konferensi pers di Beirut pekan lalu, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-abdollahian mengatakan kepada wartawan bahwa posisi Iran dan Lebanon melihat perang bukanlah solusi mencapai perdamaian.

Baca juga : Israel Bunuh Komandan Hizbullah yang Hancurkan Pangkalan Militernya

Namun, ia mencatat bahwa di tengah serangan Israel di Lebanon selatan, Hizbullah dan kelompok perlawanan di Lebanon telah dengan berani dan bijaksana menjalankan peran mereka sebagai pencegah dan efektif.

Amir-abdollahian menambahkan bahwa Teheran akan melanjutkan dukungan kuatnya terhadap perlawanan di Lebanon, karena kami menganggap keamanan Lebanon sebagai keamanan Iran dan kawasan. (Aljazeera/Z-3)

Baca juga : Indonesia Siap Bawa Pulang 200an WNI di Lebanon

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat