visitaaponce.com

Pemakaman Alexey Navalny Diadakan di Moskow

Pemakaman Alexey Navalny Diadakan di Moskow 
Pemimpin oposisi Rusia yang meninggal, Alexey Navalny, akan dimakamkan di Moskow pada Jumat. (AFP)

PEMAKAMAN pemimpin oposisi Rusia, Alexey Navalny, yang meninggal awal bulan ini, akan diadakan di Moskow pada hari Jumat, kata keluarganya dan juru bicaranya.

Janda Navalny, Yulia Navalnaya, mengumumkan tanggal pemakaman pada Rabu, tetapi dia mengatakan tidak yakin apakah akan berjalan dengan damai dan upacara peringatan sipil telah diblokir.

"Pemakaman akan berlangsung dua hari lagi dan saya belum yakin apakah itu akan berlangsung dengan damai atau apakah polisi akan menangkap orang-orang yang datang untuk mengucapkan selamat tinggal kepada suamiku," kata Navalnaya dalam pidato di Parlemen Eropa di Strasbourg.

Baca juga : Keluarga Ingin Alexei Navalny Dikebumikan Secara Normal

Pemakaman akan diadakan di Gereja Ikon Bunda Allah di distrik Maryino tenggara Moskow pada Jumat sore, kata juru bicara Navalny, Kira Yarmysh, di platform media sosial X, setelah beberapa lokasi menolak untuk menyelenggarakan layanan tersebut.

Dia kemudian akan dimakamkan di pemakaman Borisovskoye, sekitar 2,5 km (1,5 mil) dari sisi lain Sungai Moskva.

Ally Navalny telah menuduh Kremlin menghalangi upaya mereka untuk mengatur layanan peringatan sipil terpisah di aula yang dapat menampung lebih banyak orang. Kremlin mengatakan tidak ada kaitan dengan pengaturan semacam itu.

Baca juga : Janda Alexei Navalny Bersumpah Melanjutkan Perjuangan Suaminya

"Dua orang - Vladimir Putin dan [Walikota Moskow] Sergei Sobyanin - bertanggung jawab atas kenyataan bahwa kita tidak punya tempat untuk layanan peringatan sipil dan mengucapkan selamat tinggal pada Alexei," tulis Navalnaya di X.

"Penduduk Kremlin membunuhnya, kemudian mencemooh tubuh Alexei, kemudian mencemooh ibunya, sekarang mereka mencemooh ingatannya."

Kremlin telah membantah keterlibatannya dalam kematian Navalny pada 16 Februari di usia 47 tahun, dan menurut pendukungnya, sertifikat kematian menyebutkan bahwa dia meninggal karena penyebab alami. (aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat