visitaaponce.com

Penggalangan Dana Donald Trump dalam Pertarungan Uang dengan Joe Biden

Penggalangan Dana Donald Trump dalam Pertarungan Uang dengan Joe Biden
Para donor politik akan berkumpul di Palm Beach untuk acara penggalangan dana Trump yang diharapkan menghasilkan jumlah uang fantastis(AFP)

PARA donor politik utama akan berkumpul Sabtu ini di Palm Beach, wilayah kekuasaan Donald Trump, untuk acara penggalangan dana yang kampanyenya berharap akan menandai fase baru dalam perlombaan uang besar dengan Joe Biden.

Meskipun menghabiskan jumlah besar uang untuk berkampanye mungkin bukan sesuatu yang bisa dibanggakan di beberapa negara, itu sering menjadi sumber kebanggaan bagi kandidat politik AS.

Tahun ini, mengumpulkan uang besar sama pentingnya seperti sebelumnya, dengan pemilihan presiden 5 November diperkirakan sebagai siklus pemilihan paling mahal dalam sejarah AS.

Baca juga : Nikki Haley Mundur, Donald Trump Tantang Ulang Joe Biden

Mantan presiden Republik dan petahana Demokrat telah bekerja untuk mengumpulkan uang satu sama lain selama berbulan-bulan, membanggakan setiap infus kas baru yang signifikan.

Biden, 81, meningkatkan taruhannya pada akhir Maret ketika dia menjadi bintang utama dalam acara besar di New York bersama mantan presiden Barack Obama dan Bill Clinton di sisinya, mengumpulkan setidaknya US$25 juta, menurut timnya.

Tetapi Trump, 77, berharap mengumpulkan hampir dua kali lipat di acara di Florida pada Sabtu malam -- antara US$43 hingga US$50 juta, menurut media AS.

Baca juga : Donald Trump Berharap Menangkan Secara Telak pada Super Tuesday 

Acara tersebut akan berlangsung di rumah miliarder pengelola dana lindung John Paulson, tidak jauh dari resor Mar-a-Lago milik Trump.

"Tanggapan terhadap upaya penggalangan dana kami luar biasa, dan kami telah mengumpulkan lebih dari US$43 juta sejauh ini. Ada dukungan besar di antara berbagai spektrum donor," kata Paulson dalam sebuah pernyataan yang dikirimkan kepada AFP.

"Malam Penggalangan Dana Terbesar SEPANJANG MASA!!! Akan melipatgandakan jumlah Biden minggu lalu di Radio City," tulis Trump di platform Truth Social-nya.

Baca juga : Donald Trump Memang Mudah di South Carolina

Daftar tamu di Palm Beach akan mencakup pengusaha Robert Bigelow, yang memperoleh kekayaannya di industri hotel sebelum meluncurkan perusahaan penelitian antariksa, dan John Catsimatidis, pemilik rantai toko kelontong besar. Keduanya adalah donor besar Partai Republik.

Beberapa mantan saingan Republik Trump juga akan hadir, termasuk Senator Tim Scott, pengusaha teknologi Vivek Ramaswamy, dan Gubernur Dakota Utara Doug Burgum.

Setelah menghentikan kampanye presiden mereka, trio tersebut sepenuhnya mendukung Trump, mungkin mengincar pekerjaan di pemerintahannya jika dia berhasil kembali ke Gedung Putih.

Baca juga : Donald Trump Berusaha Mencapai Kemenangan Telak di South Carolina 

Menurut The Washington Post, kursi di meja Trump memiliki harga US$814,600.

Jumlah uang yang astronomis digunakan untuk membiayai perjalanan kandidat, membayar ajudan mereka, mengadakan jajak pendapat opini, dan, yang paling mahal dari semua itu membeli iklan televisi.

Biden, yang menggambarkan dirinya sebagai produk dan juara kelas menengah, cepat mengkritik penggalangan dana Trump.

Baca juga : Kemenangan Mudah Trump di Kaukus Nevada: Menambah Delegasi untuk Nominasi Presiden

"Saat Trump mengumpulkan uang dari sekelompok miliarder hedge fund, kampanye kami yang berbasis di basis mengumpulkan US$187 juta kuartal ini karena orang-orang seperti Anda," katanya Sabtu di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Saat ini, kas kampanye Biden lebih besar dari Trump, karena mantan presiden menghadapi biaya hukum yang meningkat karena beberapa dakwaan pidana.

Kampanye Biden sangat senang untuk menunjukkan hal itu, menyebut Trump sebagai "Broke Don" dalam pernyataan terbaru tentang miliarder itu, yang sendiri dikenal karena menggunakan julukan yang jahat. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat